3 langkah melejitkan potensi diri

Oleh: Jaharuddin
Banyak teori dan pandangan pakar tentang bagaimana melejitkan potensi diri, salah satunya adalah yang akan saya uraikan pada kali ini, dengan harapan menjadi pola yang bisa diambil manfaatnya bagi orang banyak, termasuk saya.
Tiga langkah tersebut adalah:

1. Paint and Pleasure
Pada dasarnya manusia hanya bergerak mencari nikmat dan menghindari sengsara. maksudnya adalah setiap diri kita menuju dan tergerak jika ada nikmat yang dijanjikan, namun repotnya saat yang sama tidak mau dengan sengsara, yang tabiatnya selalu melekat dalam upaya mencapai nikmat yang diberikan. Pelajarilah biografi orang-orang besar, maka kita selalu menemukan episode perjuangan yang luar biasa dalam proses mendapatkan nikmat yang dia tuju.

2. Fear into Power
Apakah orang sukses tidak takut?, saya sangat yakin jawabannya sama saja dengan anda dan kita semua, setiap orang sukses juga mempunyai rasa takut yang menghantuinya. Bedanya adalah orang-orang sukses mampu mengelola dengan baik, bahkan mampu membalikkan keakutan menjadi kekuatan dahsyat yang menstimulan gerak cepat dari orang tersebut.
Maka untuk tahap kedua ini, yang perlu dikeahui adalah bagaimana cara membalikkan rasa takut menjadi kekuaan yang dahsyat, caranya adalah sebagai berikut:
a. Tergantung gerak kita
b. Ubah fokus dan keyakinan
c. Mampu memilih kata

3. Modelling
Langkah terakhir agar potensi diri anda melejit sesuai yang anda kehendaki, bahkan bisa jadi melebihi ekspektasi anda adalah, mencari model sukses dibidang yang anda ingin sukses dibidang tersebut. Kumpulkan orang sukses dibidang tersebut, cari yang terbaik, kemudian anda cari tahu informasi sebanyak-banyaknya tentang orang tersebut, agar bisa menjadi model bagi kesuksesan anda.
Informasi tersebut sangat berguna bagi diri anda karena dengan cara tersebut anda tahu persis proses mencapai suksesnya model anda tersebut. Paling tidak ada beberapa informasi yang perlu anda kumpulkan secara detil, yaitu:
a. Kerja Keras yang dilakukan tokoh tersebut.
Anda benar-benar bisa merekam dengan baik kerja keras yang dilakukan model anda, seperti jam berapa dia bangun, apa yang dilakukan mulai dari bangun sampai dia tidur kembali, dan waktunya secara detil. Sebagai contoh saya menjadikah salah satu tokoh pengusaha muda nasional sebagai moedl saya, maka saya mengetahui dia mempunyai hobi marathon, dan setiap pagi dia berolah raga marathon di senayan, beliau sering mengerjakan sholat tahajud dan dhuha, beliau sangat murah memberikan infaq, shadaqah, beliau ingin sekali pemuda indonesia setara dengan bangsa manapun di dunia, dan seterunya. Carilah informasi secara detil sehingga, bisa anda jadikan contoh untuk diikuti.
b. Keuletan tokoh tersebut
c.Tidak pantang menyerahnya
d.Tentang sikap jujurnya
e.Stay the core
f.Kreatifitas dan Inovasi yang dilakukan
Sukses meninggalkan jejak, satu cara untuk menjadi orang besar bergaullah dengan orang besar. Bergaullah dengan orang-orang terbaik dibidang yang anda minati, jika anda mau menjadi seorang pengusaha sukses maka bergaullah dengan pengusaha sukses, dan lakukan pendekatan untuk meminta dirinya menjadi mentor bagi anda.
Hannover, Awal Musim Semi, 11 Maret 2013

, ,

0 comments

Write Down Your Responses

catatan2 universitas Kehidupan

"Inti dari Kecerdasan adalah Bermanfaat" . Powered by Blogger.