Nilai-Nilai Luhur Entrepreneurship


Oleh: Jaharuddin
Sangat jelas nilai-nilai ini memberikan manfaat besar bagi siapapun, mari kita ulas satu persatu: (1). Kerja Keras. Secara sederhana kerja keras adalah melakukan kerja diatas rata-rata orang lain bekerja dibidang yang sama. Jika orang lain memulai kerja pukul 08.00 dan berakhir pukul 17.00, maka yang dimaksud kerja keras adalah anda memulai lebih pagi dan mengakhirinya lebih sore/malam. Ditambah dengan kualitas yang juga lebih baik dari standar umum, seperti jika standar produk yang dihasilkan adalah 100, maka dalam waktu yang sama anda bisa menghasilkan produk lebih.

(2). Selalu Memiliki posisi yang ulet. Saya menafsirkan ulet adalah berusaha dengan sepenuh hati dan sungguh-sungguh mengerjakan tugas anda dengan baik dan kualitas terbaik, tanpa melihat reward yang diberikan kepada anda. (3). Tidak Pantang Menyerah. Saya fikir menjadi hukum alam, mencapai sesuatu yang baik dan mulia selalu diikuti dengan tantangan dalam melaluinya. Setiap orang yang sukses berarti dia telah melewati dan mengatasi tantangannya dengan baik dan benar, semakin besar mimpi dan cita serta kesuksesan yang anda inginkan, semakin besar tantangan yang akan anda hadapi. Nah, sikap pejuang yang harus anda miliki adalah, apapun tantangannya anda siap menghadapinya dan menyelesaikan dengan baik, jika terjadi benturan yang luar biasa hebat, anda mundur selangkah, untuk menenangkan diri, evaluasi dan menyusun langkah selanjutnya untuk maju sebagai pejuang dan pemenang.

(4). Jujur. Menjadi sikap yang semakin langka ditemui di era persaingan yang semakin tajam, dengan berbagai dalih yang bisa diungkapkan seperti "berdiplomatis", "berkata lebih cerdas", dan lain-lain. Saya mengingatkan kepada kita semua, hati-hati dengan kata-kata berdiplomatis, bertindak dan berkata lebih cerdas, yang substansi sebetulnya melakukan ketidak jujuran. Yakinlah tindakan ketidak jujuran akan melahirkan kejahatan-kejahatan selanjutnya yang pada akhirnya bisa merusak tatanan kehidupan, dan bisa menghancurkan diri anda sendiri, jadi walaupun berat, bersikap dan bertindaklah secara jujur.

(5).Stay the Core (setia terhadap tujuannya). Saya melihat kasus ini sering menganggu fokus, sebagian orang yang sebetulnya sudah on the track dalam karirnya, namun karena godaan tertentu maka dia kehilangan fokus, seperti disaat sedang memulai usaha dan usahanya mempunyai prospek yang bagus, ditengah jalan dengan berbagai pertimbangan, akhirnya tergoda untuk meninggalkan usahanya dan merintis usaha baru, dan menjadi kebiasaan. Memulai suatu usaha karena ada tantangan, dan membuka lagi dan seterusnya, kondisi ini sama sekali tidak menguntungkan anda, karena anda tidak akan pernah mencapai puncak yang anda inginkan. Jadi berusahalah stay the core sampai anda menemukan titik puncak yang anda harapkan, dan jika itu sudah anda dapatkan, anda dipersilakan untuk merintis hal baru yang menantang andrenalin anda. Dengan demikian bukan berarti tidak boleh keluar dari core anda, namun pastikan anda telah menemukan titik puncak yang anda inginkan pada core sebelumnya.

Selain nilai-nilai yang disampaikan oleh Sandiaga S Uno tersebut, menarik juga dikomentari seputar kemasan di atas, yaitu: gelas yang sama, ukurannya, warnanya, bentuknya, kualitasnya , namun hasilnya bisa berbeda dan tetap menarik. Ini berarti ada unsur kreatifitas dalam mengemasnya, sehingga kelihatan menarik dan kreatif.  Menurut saya nilai yang juga tidak bisa dipisahkan dari jiwa entrepreneurship adalah kreatif.

Bisa juga diartikan apapun wadah yang ada, sangat tergantung dari isi yang dimasukkan empunya kedalam wadah tersebut. Isi akan mempengaruhi hasil akhir dan penampilan akhir, jika yang dimasukkan menarik dan enak rasanya maka juga akan melahirkan rasa yang enak dan menarik dan sebaliknya. Anda juga bisa mentafsirkan sesuai dengan persepsi dan pengalaman anda.

Entrepreneurship adalah nilai yang menjiwai apapun aktifitas yang anda lakukan, jadi entrepreneurship tidak hanya wilayah usahawan. Adakalanya entrepreneurship langsung dialamatkan ke sekelompok orang yang ingin berwiraswasta, membuat usaha, para pengusaha dan seterusnya .

Kurang tepat jika entrepreneurship diartikan menjadi sempit seperti itu, entrepreneurship adalah nilai-nilai luhur yang menjiwai apapun bidang yang anda tekuni. Bagi anda yang sudah terlanjur menjadi pegawai negeri, maka jiwa entrepreneurship juga relevan untuk menjadi nilai dalam bekerja, begitu pula karyawan swasta, wirausaha dan lain-lain.

Intinya, dengan nilai entrepreneurship diharapkan anda sukses dibidang masing-masing melebihi kondisi rata-rata.
semoga bermanfaat.
Hannover, musim gugur, 26 September 2012

, , ,

0 comments

Write Down Your Responses

catatan2 universitas Kehidupan

"Inti dari Kecerdasan adalah Bermanfaat" . Powered by Blogger.