Idul Fitri 1433H/2012 di Hannover, Jerman

Oleh: Jaharuddin
Ini idul fitri kedua bagi saya sekeluarga di Jerman, sebenarnya dalam hati kami tetap saja ada perasaaan sedih dan merindukan suasana idul fitri di tanah air, namun dari kemarin kami mencoba membuat suasana biasa saja, ngak usah terlalu difikirin, toh banyak nikmat dari Allah yang bisa dinikmati dari tahapan sejarah dalam kehidupan kami. Untuk menghibur diri, berkata dalam hati, tidak semua orang mempunyai kesempatan merasakan idul fitri ditanah rantau bernama Jerman, kemudian dari kemarin saya berusaha untuk tidak menghidupkan TV Indonesia, yang pemberitaannya seputar mudik, karena ini bikin sedih.

Idul fitri kami tahun ini jatuh pada hari ahad, ini membuat kami di Jerman, menjadi semakin antusias untuk menggelar acara sendiri, karena semua warga Indonesia yang ada di Hannover, bisa menghadiri acara ini, karena mereka bisa libur dari pekerjaan, akan sedikit berbeda kondisinya jika idul fitri jatuh pada hari kerja, sebagian besar warga Indonesia di Hannover, yang terdiri dari mahasiswa dan bekerja, akan dihadapkan pada posisi sulit yaitu harus kuliah, atau bekerja di tempat masing-masing, atau menghadiri sholat idul fitri.

Karena jatuh pada hari libur, maka kami menyiapkan pelaksanaan sendiri untuk warga Indonesia, kami mulai menyebar informasi di milis keluarga muslim Hannover (KMH) dan grup kmh di facebook, dibentuk panitia untuk mensukseskan acara ini. dan alhamdulillah satu persatu kerja panitia terlaksana dengan baik. Untuk tempat kami mendapatkan ruang bersama di asrama mahasiswa. 

Kami merencanakan sholat idul fitri diadakan pukul 09.00, dengan pertimbangan jangan terlalu pagi, karena kasian keluarga yang mempunyai anak-anak, tentunya repot menyiapkan anak-anak terlebih dahulu, acara dilanjutkan dengan halal bi halal, yang tentunya disertai dengan aneka menu hidangan nusantara. Pada kali ini kangen terhadap masakan Indonesia terobati, karena aneka makanan nusantara tersaji dengan rasa asli Indonesia dengan jenis beraneka ragam, dari siomay, sate padang, rendang, es buah, dan masih banyak makanan lainnya.

Disamping sudah tersedia makanan siap saji dan tinggal disantap, kami juga mengadakan grillen (barbeque), jadi nuansanya semakin semarak, dan hangat, masing-masing orang bercerita dengan lepas dan bergembira. Apalagi kali ini udaranya panas ala Indonesia, 38' celcius.

Suasana Idul fitri kali ini special, selain karena harinya hari libur, panitia juga menyiapkan ruangan yang di dekor dengan suasana ceria, ada balon dan pita berwarna warni di bagian atas ruang, ada spanduk selamat idul fitri yang khusus dipersembahkan oleh anak-anak Hannover, dengan tulisan warna-warni, dan ada penampilan anak-anak Hannover yang menampilkan kemampuan masing-masing berupa hapalan surat-surat dari juz amma, ada tukar kado, dan juga dihadiri oleh teman-teman muslim dari negeri jiran Malaysia. Bagi anak-anak, mereka mendapatkan hadiah dari panitia, luar biasa senangnya anak-anak dalam melaksanakan idul fitri kali ini, tentunya kalau anak-anak sudah ceria, otomatis orang tuanya akan ikut senang dan bergembira.

Bahkan saya mendapati ada anak-anak yang tidak mau pulang, dibujuk dulu beberapa kali baru mau pulang ke rumahnya....:). selamat pada seluruh panita idul fitri 1433H KMH, semoga jerih payah dan kreatifitas semua pihak, dicatat sebagai amal ibadah di sisi Allah SWT, dan menjadi amal pemberat timbangan kebajikan di yaumil akhir kelak. Dan akhirnya kami sekeluarga mengucapkan terima kasih dan mohon maaf lahir dan bathin, semoga pelaksanaan kegiatan-kegiatan KMH selanjutnya semakin baik, semakin meriah. Amin-amin-amin ya robbil alamin.

Semoga bermanfaat.
Hannover, 1 Syawal 1433 H

, ,

0 comments

Write Down Your Responses

catatan2 universitas Kehidupan

"Inti dari Kecerdasan adalah Bermanfaat" . Powered by Blogger.