Cara Menikmati Hari

Oleh: Jaharuddin
Banyak cara menikmati hari, masing-masing orang mempunyai caranya  sesuai dengan visi kehidupan yang dianut. Sebagian orang Jerman misalnya, mereka memulai hari beberapa saat sebelum berangkat beraktifitas, sebagian tidak mandi di pagi hari, langsung mempersiapkan sarapan (ada juga yg tidak sarapan dirumah, tinggal beli di toko roti), kemudian berangkat beraktifitas, dijam istirahat biasanya menyempatkan diri untuk makan dan merokok, kemudian masuk kerja lagi sampai sore,  pulang, tidur dan begitu seterusnya sampai Jum'at sore. Pada Jum'at sore sampai Ahad malam, waktunya untuk santai, party, dan seterusnya, ada juga sebagian dari waktu akhir pekannya digunakan untuk minum alkhohol, sampai sempoyongan. Kalau sudah menjalani akhir pekan dan menenggak alkhohol, sudah tidak jelas mana yang profesor, mana yang orang biasa saja.

Lain lagi di Jepang, pernah dengar dari teman-teman yang kuliah di Jepang, orang Jepang banyak yang gila kerja, biasanya kerja sampai tengah malam, dan pagi-pagi sudah hadir lagi di tempat kerja. Kalau akhir pekan sebagian dari mereka, hilang kesadaran akibat minum alkohol, sudah biasa kalau melihat ada orang yang tidur di stasiun kereta, dipinggir jalan, karena sudah tidak sadarkan diri dan tidak tahu lagi jalan menuju rumahnya.

Jerman dan Jepang, dikatakan sebagai contoh negara yang maju, dari sudut pandang ekonomi, negara maju adalah negara yang mempunyai tingkat pendapatan perkapita penduduk tinggi, penganguran sedikit, perekonomiannya stabil, keamanan terjamin, dan seterusnya. namun benarkah bahwasanya kemajuan ekonomi, gedung yang megah dan mentereng, disiplin dalam bekerja, dll...pada akhirnya harus berakhir pada "hilangnya kesadaran" di akhir pekan?, dan semakin tingginya angka orang yang bunuh diri ?...saya rasa tidak !.

Saya sangat sepakat bahwa perekonomian suatu negara perlu dibangun sekuat tenaga agar masyarakat sejahtera, setiap masyarakat terpenuhi kebutuhan pokoknya (makan, rumah, kesehatan, pendidikan), kondisi ekonomi stabil, kondisi politik stabil, terjadi pemerataan pembangunan, keamanan terjaga dengan baik, namun jangan dilupakan pula bahwa manusia adalah makhluk sosial yang butuh berinteraksi dengan lingkungannya, saat yang sama manusia adalah makhluk religius yang butuh pasokan makanan ruhani.

Dengan cara inilah akhirnya, manusia menjadi sempurna, sehingga bekerja keras, berinteraksi secara sosial, mempunyai agama yang kuat menjadi budaya keseharian. untuk itu perlu saya tuliskan alternatif aktivitas yang  bisa anda lakukan sebagai seorang yang maju, modern dan religius, sebagai berikut:

pertama, bangunlah 1 jam sebelum waktu shubuh, nah gunakan waktu ini untuk sholat tahajud, witir dan sholat-sholat sunnah lainnya, jika masih ada waktu sebelum sholat shubuh maka gunakan juga waktu untuk  membaca al qur'an, muhasabah (evaluasi diri) , menghapal al-Qur'an, menulis atau aktifitas bermanfaat lainnya.
kedua, beberapa saat sebelum sholat shubuh, jangan lewatkan untuk melakukan sholat sunnah qobla shubuh, dan dianjurkan bagi anda yang laki-laki untuk sholat shubuh berjama'ah di Masjid.
ketiga, setelah sholat shubuh di masjid, berdzikirlah terlebih dahulu, sangat dianjurkan anda berdzikir al -matsurat kubro (yaitu kumpulan dzikir dan do'a Rasululllah yang telah disusun oleh Iman Hasan al-Banna), jika memungkinkan, maka berdzikirlah dimasjid sampai waktu dhuha, dan sholat dhuhalah terlebih dahulu, setelah itu anda pulang kerumah, siap-siap  untuk berangkat beraktifitas.
keempat, sesampainya anda ketempat aktifitas, maka lakukanlah dengan optimal dan fokus, dengan cara itu maka anda akan menjadi pribadi unggulan dan berprestasi. Pada waktu sholat usahakan untuk sholat jama'ah di masjid, setelah itu berdo'a dan berdzikir sebentar, akan sangat baik membaca al-Qur'an beberapa saat. Idealnya anda mempunyai target membaca al-Qur'an dalam sehari, misalnya 1 juz (sekitar 20 halaman).
kelima, pulang dari aktifitas anda seharian, tentunya letih, maka jangan lupa untuk menyempatkan diri untuk sholat maghrib dan Isya di Masjid, disela menunggu sholat Isya, anda bisa mengisi waktu dengan membaca dzikir al-matsurat kubro, dan membaca al-Qur'an. Kemudian makan malam bersama keluarga, disertai obrolan ringan dengan anak-anak dan keluarga, termasuk mencari tahu perkembangan tumbuh kembang dan pendidikan anak.
Untuk Jadwal sholat, beruntunglah bagi anda yang saat ini berada di Indonesia, karena jadwal sholat relatif tidak berubah terlalu signifikan, namun bagi kami yang saat ini tinggal di Eropa, jadwal sholat sangat tergantung musim, saat ini musim semi menuju panas, maka antara jadwal sholat Maghrib, Isya dan Shubuh menjadi lahan jihad tersendiri bagi kami, karena Maghrib pukul 21.48 CET, Isya 23.48 CET dan mulai pukul 02.46 CET sudah masuk waktu Shubuh. Maka lakukanlah penyesuaian didasarkan amalan yg ingin anda lakukan.
keenam, istirahatlah lebih awal, karena tubuh anda mempunyai hak untuk beristirahat, sampai anda bangun lagi sebelum shubuh.
ketujuh, pada akhir pekan, gunakan waktu anda untuk menambah ilmu agama, misalnya dengan mengikuti pengajian rutin yang sistematis pada setiap pekannya, sesekali juga diadakan rihlah (wisata) bersama keluarga, aktiflah di lingkungan tempat tinggal dan keluarga anda.

Untuk menjaga kebugaran, sangat dianjurkan menghidupkan budaya berolah raga, minimal sekali dalam sepekan, kemudian upayakan untuk puasa sunnah Senin dan Kamis. Selanjutnya bersama keluarga, rencanakan untuk haji minimal sekali, kemudian lakukan perjalanan ke bumi Allah lainnya, agar anda re fresh dan lebih banyak pengalaman dan pengetahuan yang anda dapatkan, dengan cara seperti itu semoga anda menjadi pribadi yang bijak, unggul dan berkontribusi positif bagi pengembangan bangsa dan agama.

Agar anda lebih mudah melakukan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi amalan yang dilakukan sehari-hari, ada baiknya anda mempunyai lembaran evaluasi yang bisa anda buat secara mandiri dan anda evaluasi  secara berkala (bisa harian atau pekanan), dan ajak teman-teman di pengajian anda untuk sama-sama memotivasi, mengingatkan dan mengevaluasi.

Dan tak kalah pentingnya adalah, jadilah pribadi yang maju, modern, dan religius, agar anda mendapatkan kesuksesan duniawi dan kesuksesan pada kehidupan abadi kelak. Amin ya robbil alamin.
semoga bermanfaat.
Hannover, Musim semi, 22 Juni 2012, pukul 09.05 CET.

,

0 comments

Write Down Your Responses

catatan2 universitas Kehidupan

"Inti dari Kecerdasan adalah Bermanfaat" . Powered by Blogger.