diary mama di Eropa (4/selesai)

13 January at 22:35
Wou....Ayam panggang, sosis panggang....daging panggang....and ada juga burger panggang....., aduh ini mu jalan2 atau makan2, begitulah kalau jalan sama cucu no.I adalah makanan. jadi itu koper Uminya separonya untuk makanan, karena cucu2ku paling anti makan disembarang rest.katanya ngak halal.
kata Umi perjalanan ke Paris itu cukup jauh, kira2 10 jam dari Hanover, padahal naik express Train alis ICE. jadi supaya anak2 ngak bosan, maka Umi nya pintar ,dikasi makan aja anak2nya.

15 January at 16:25
lagi di hotel eber mars paris, 200m dari menara eifel, hotelnya antik dan cantik, pagi ini mau lihat eifel miniaturnya untuk kenag-kenangan...fotonya menyusul ya...:)

16 January at 19:04
INALILLAHI WA INAILAIHI ,ROJIUN. YA ALLAH SUNGGUH BERAT COBAAN YANG ENGKAU BERIKAN PADA MANTUKU ,ANANDA BENNY DAN KELUARGA. TAPI KAMI YAKIN ENGKAULAH YANG MAHA MEMILIKI YANG MAHA KHALIK DAN YANG MAHA MENGETAHUI ,APA YANG TERBAIK BAGI UMATNYA.
YA ALLAH BERILAH ANANDA BENNY DAN KELNYA, ANANDA PIPING DAN KELNYA , ANANDA LINDA DAN KELNYA ,ANANDA TITA DAN KELNYA , KETABAHAN HATI DAN IMAN ,DALAM MENERIMA COBAAN INI , TERUTAMA KEPADA SAUDARA KU , KAKANDAKU BU NUNUNG ERFANSYAH HASAN ,BERIKANLAH IA KEKUATAN ,KETABAHAN HATI, IMAN DAN KESEHATAN ,DALAM MENGHADAPI COBAAN INI.
SEMOGA ALMARHUM BP.ERFANSYAH HASAN ,DIBERIKAN ALLAH TEMPAT YANG TERBAIK DISISIMU YA ALLAH.DIHAPUSKAN SEMUA KEHILAFAN2NYA , DAN DIBERIKAN BALASAN TERHADAP SEMUA AMAL DAN IBADAHNYA YA ALLAH.
AMIEN , AMIEN , YA ROBAL ALAMIEN.

19 January at 22:25
OH AT LAST HONEY ,NICE TO HEAR FROM YOU AGAIN, ACHIE AND DOLLY ARE ARE LOOKING FOR YOU.

23 January at 18:32
Perjalanan ke Paris dari Hanover memakan waktu hampir 12 jam, untung naik night express train ,ada kamarnya ,dan ada 6 bed, jadi Alif dan Zaki tidur nyenyak banget, bangun2 udah waktu sarapan.
waktu sampai di Paris perasaan sedikit ngelongso, karena statiun keretanya, tiap punya banyak fasilitas lift atau escalator, bayangin aja station itu ada 3 tingkat dibawah tanah semua rata2 harus pake tangga. yg masing2 rata2 50 anak tangga.beda banget dgn di Hanover, dimana2 tersedia, escalator dan lift. oh ya hampir lupa, bukankah di Hanover th 2000 ada pameran dagang yg terbesar didunia, karena itu fasilitasnya masih bagus2 dan baru.
untungnya, Nana dan Jahar memesan hotel yg pas dekat dgn menara Eiffel dan pusat tempat2 bersejarah.

23 January at 19:47
Ada pameo yg mengatakan,engkau belum dianggap datang ke Eropa kalau belum melihat Paris, dan jangan liwatkan pesona permainan lampu pada malam hari pada menara EIffell, mulai jam enam sore, warna menara Eiffel tidak lagi warna besi,tapi berubah seperti warna emas, kemudian setiap beberapa waktu ada permainan lampu yg berputar cepat, jadi seperti akrobat dgn jumlah ribuan lampu yg bergerak, wah.. saya dan turis2 lain selain terpesona,kaget dan bertepuk tangan saking terpesonanya.saya lihat,anterean yg beli karcis untuk naik lift keatasmasih panjang saja,sejak siang, tadi malah makin panjang, kira2 sepanjang rmh melawai sampai ke blok M square. percaya ngak banyak yg nekat naik,liwat tangga,
yang terbayang oleh saya saat itu, adalah bagaimana orang2 itu membangun menara setinggi dan sebesar itu, bayangkan rentangan antar kaki2nya mungkin tidak kurang dari 100m, tingginya wah mungkin hampir 200m, membuat ukiran2 yg sangat cantik dan kokoh , dibangun th 1800 an ,di mana belum ada alat2 berat,alangkah ,hebatnya karya anak manusia dijaman itu.

24 January at 17:25
Ada 2 cara untuk mengexplore Paris, dgn city tour bus dan BATOBUS ,yaitu Boat kaca, jadi ada pemanas udara dan berlayar sepanjang sungai shiene.Nana memilih memakai Batobus, mengingat udara dingin dan mm nya susah naikin wheelchair nya. ternyata semua tempat2 bersejarah itu ,ada disepanjang sungai Shiene, dikanan dan kirinya. ada 8 tempat bersejarah yg harus dikunjungi, tapi hari itu, air sangat besar, sehingga 2 tempat yg tidak di kunjungi yaitu NOTRE Dam dan Jardin des Plantes ,sangat disayangkan padahal saya ingin sekali melihat gereja tua ini, yg ada ceritanya ,ya seorang bungkuk /Hunchback w beutifull girl. dan disitulah titik nol kata Paris. kita dgn satu pas bisa masuk kesemua tempat, dan Baotnya akan datang setiap 25 menit. yang paling menarik adalah Meseum LOUVRE ,disitulah dulu istana org yg paling berkuasa hampir diseluruh Eropa,yaitu NAPOLEON BONAPARTE.
Sewaktu memasuki gerbang yang sangat tinggi dan tiangkokoh beserta patung2 besar ,maha terhamparlah sebuah garden/taman yang indah, dgn dihiasi oleh patung besar2 seperti venus, bidadari bersayap dan banyak sekali, belok kekiri disambut oleh gerbang yg persis seperti Champs Elysees, didepan ada pemandangan istana yang satu ditengah dan dikanan kirinya ada istana yg mengapitnya, bangunan gaya renaisannce, dgn pilar2 tinggi dan diukir.
yang paling tidak nyambung adalah bangunan pintu istana utama ada sebuah piramida kaca , yang sangat besar , tapi tidak setinggi istana, ternyata disitulah pintu masuk kedalam meseum lLOUVRE itu.
menurut berita meseum inilah yang terlengkap didunia, banyak lukisan2 dari pelukis terkenal ada disini, Picaso -Rodin - Van Gogh.
ternyata lukisan Monalisa yg sangat terkenal itu, hanya sebesar 80x 60 cm. malah mungkin lebih kecil.
menurut saya, inilah tempat yang paling saya suka, karena besarnya, antiknya, indahnya, dan disini pernah berdiam NAPOLEON BONAPARTE, Sosok sejarah yg saya paling kagumi.

27 January at 17:10
BUku "IMBAUAN KA BAH , SEBUAH BUKU YANG DIBUAT OLEH BP.EMZITA ATAS PERMINTAAN MENTERI PENERANGAN ,rADIO DAN T.V. ARAB SAUDI .PADA TH 1963 SAMPAI 1965.KETIKA BELIAU SEDANG BERTUGAS SEBAGAI WAKIL NEGARA ,DI K.B.R.I. JEDDAH-SAUDI ARABIA, UNTUK MEMBUAT BUKU INI, YG TERDIRI DARI KUMPULAN2SAJAK/SYAIR ISLAMI, MENGENAI HIMBAUAN TANAH SUCI INI, BELIAU DALAM MEMBUAT BUKU INI , SAMPAI PERGI KETEMPAT2 BERSEJARAH DIMANA RASULLULLAH MENDAPAT WAHYU , SEPERTI GUA KHI'RA .MALAH KADANG2 DI TEMANI OLEH MENTRI PENERANGAN,RADIO ,T.V. ARAB SAUDI ITU.
MALAH UNTUK PERTAMA KALINYA ,SETELAH SELESAI BUKU INI DIBUAT, KAMI YANG KEBETULAN PELAJAR INDONESIA DI JEDAH DIMINTA UNTUK MELAGUKAN BEBERAPA DARI SYAIR2 TERSEBUT,DI T.V. SAUDI ARABIA.ANTARANYA LAGU
"AHLAN WASAHLAN ," Ahlan Wa'sahlan selamat datang jemaah haji ,saudara kami
menurut kabar, kumpulan syair dan lagu2 ini, tetap dikumandangkan di radio suara Indonesia di Saudi Arabia, setiap musim haji, beberapa tahun setelah Bp.Emzita tidak lagi bertugas di Kedutaan Indonesia Jeddah.

31 January at 16:43
Ahirnya, ananda Jahar, selesai juga dgn penulisan proposalnya untuk ambil Doctoralnya, semoga diterima dgn baik oleh Proffesor pembimbingnya, sebagai ibu, doaku selalu dan terimakasihku ,atas semua pengorbananmu selama lebih setahun ini, mendampingi dan mengurus semua2nya, demi Nana bisa konsentrasi bekerja dan belajar.
Salah satu komentar:
Kori Emzita Untuk semua keponakan2 ku tersayang, kita harus terus belajar dan cerdaskan pikiran! rendahkan hati dan perhalus budi pekerti! Gabungkanlah keduanya dan jadilah manusia yang bijaksana dan pengasih!
Kalau sudah melakukan semua ini, tambah terus dan pertahankan!!! Kalau belum, tidak ada kata terlambat!!
3 February at 16:35
Sekarang udah masuk February, saya pikir winter sudah mulai habis , ternyata kok makin dingin ya, sabtu lalu , pergi ke pengajian di rmh kel.Bu Eko ,dipapan Apotik tertulis - 2 C , kemarin kata Nana cuaca -17 C , padahal ngak ada salju, sekarangdi jendela , saya lihat hujan salju , sudah hampir 2 jam an , dan atep2 rumah dan gereja ,sudah mulai putih ketutup salju , tentu diluar itu, cuacanya lebih dinggin ,dari pada kemarin. berapa derajat ya???saya kasian sekali sama cucu2 yg pergi dan pulang meliwati hujan salju, tapi mereka kok malah seneng ya...mungkin karena bisa bikin , bola2 salju.

4 February at 19:34
Insyaallah minggu depan kami akan ke Berlin, pertama2 yang saya ingin lihat ,tentu bekas tembok Berlin , kata putri saya , kalau kita mau pasportnya di cap oleh pos disana, bayarnya E 2,- tapi kalau mau gratis , bisa berfoto dgn penjaga yg berpakaian sepert tentara penjaga keamanannya.

6 February at 14:17
Allahumma A'Innii' Alaa Dzikkrika Wasyukrika Wahusni 'Ibaadatik Ilaahi Yaa Rabbii.
Ya ALLAH,aku mohon pertolonganmu agar dapat slalu mengingatmu, bersyukur atas nikmatmu dan beribadah sebaik baiknya padamu,AMIEN..... .

8 February at 16:58
Hal yang paling saya syukuri sekarang , adalah disayang oleh cucu2 , karena anak2 sudah punya suami dan kesibukan yang sangat2 , maka kasih sayang pada mamanya sudah terbagi2 , walaupun masih cukup banyak.
cucu2 yang di Jakarta ,udah pada nanyain kapan nenek pulang, malah sampe mimpi2. dan cucu2 yg di sini ,sudah ngeliat ke Kalender terus,menghitung hari....
kadang2 melamun sampe keluar airmatanya, kalau ditanya ;kenapa Alif ? nangis ya??? ngak nenek, mata Alif ada gerimis....aduh mau sedih apa mau...ketawa dengarnya. kalau adiknya Zaki , gaya ngomongnya udah tebal..kaya orang German ngak bisa bilang RRRR , Nenek ngak usah aja pulang, ..Zaki mau sama nenek.

9 February at 16:12
Mustajabnya doa anak, kemarin sore cucuku ALIF ,memasang stiker di kalender dinding kamarnya, di bl. Agust '12. saya tanya kenapa?, dia bilang ini hari Alif naik klas 2 SD. dan ini Abi masuk Univ.di Gotingen ( kira2 1 jam dari Hanover). saya bilang, saya bilang kok Alif tau Abi diterima di Gotingen, sepertinya Abi mulai sekolah Agustus nenek,katanya. SUBHANALLAH ternyata sore harinya Abi nya menerima surat , Proposal Doctoralnya diterima oleh Proffesor Pembimbingnya .

10 February at 14:38
Oh my God , cucu nenek yg cewe itu, mau apa ke dokter gigi, scalling mungkin ya, tapi bukan cabut gigi kan?dia baru 2 th lho.
dan itu Mas Rafi nya, apa dicabut lagi ? , wah...resiko punya ibu dokt.gigi , suka nyabut gigi orang ,kena ke anaknya deh. tapi bagus juga untuk iklan , ke anak2, bahwa ke dokter gigi itu asyik.....kok, nothing to be worried .

13 February at 14:29
OH WHAT A BEUTIFULL SCEENERY ,THE RATHAUS LAKE FROZEN , EVERY BODY , IN HANNOVER COME OUT FROM THEIR HOUSE, TO ENJOYED , SOME OF THEM BRING THEIR SKY ROLLER , THEIR SHOES W ROLLER , ANG THE BABYES W THEIR STOLLER , AND GRAND MOTHER W THEIR WHELL CHAIR ,HA...HA...HA..

15 February at 15:08
HARI INI ADALAH BRITHDAY NYA ADIKKU TERCINTA, YANG B..A..I..K..HATI, CARE BANGET SAMA ORANG , DAN NGAK PERNAH NYUSAHIN ORANG, MAUNYA MEMBERI TERUS ,MANA MASAKANNYA ENAK...BANGET. DIA PANTES JADI bUNDA KANDUANG...ARTINYA IBU RUMAH GADANG. "SELAMAT PANJANG UMUR , SEHAT SELALU DAN aLLAH MELINDUNGIMU SLALU " HUG N KISSES.

17 February at 22:35
Semalam,sampai ngak bisa tidur, itu orang2 muda pencinta BOLA, mereka ngumpul rame2, di jalan depan Apartement Liebnizhaus, mereka lebih dari 100 org, bersorak2 dan seremnya mereka pada megang botol minuman, rupanya dimulut jalan sudah dihadang oleh hampir 10 mobil polisi, yg menjaga kala2 mereka membuat onar, dimulai dari jam 4.00sore, pada jam 8.oo malam, polisi mulai membubarkan, tapi mereka malah melawan , datang pasukan berkuda kira2 10 org, polisi plus anjing pelacak ngak tau berapa banyak, jam 9.00malam polisi sudah mulai bertindak, setelah ada keributan phisyk, datang mobil pemadam kebakaran u menyemprot air atau gas air mata ??? ngak keliatan jelas dari jendela kamar,barulah mereka bubar, baru jam 12.00malam polisi benar2 pulang.

21 February at 18:06 near Hanover, Niedersachsen, Germany •
Nining Hegarningsih
Selamat Jalan dan sampai ketemu lagi
Semoga merupakan safar yang penuh berkah.

“Tiga waktu diijabahi (dikabulkan) do’a yang tidak diragukan lagi yaitu: (1) do’a orang yang terzholimi, (2) do’a seorang musafir, (3) do’a orang tua pada anaknya.” (HR. Ahmad 12/479 no. 7510, At Tirmidzi 4/314 no. 1905, Ibnu Majah 2/1270 no. 3862. Syaikh Al Albani menghasankan hadits ini)

24 February at 12:02
Malaikat itu selalu ada dimana2, karena merasa satu Ras maka bertukar senyum itu biasa. ternyata senyum itu membawa pertolongan. sewaktu dalam penerbangan yg cukup panjang kurang lebih 17 jam, masuk jam yg ke 6 , pd tengah malam, nafas serasa sesak, susah untuk menarik napas, seperti rasa org yg berenang mau tnggelam, saya minta steward memberi oxigen, dia menolak ,karena menurut dia , kondisi saya normal2 aja, bapak yg tadi tersenyum beranya ada apa,dan saya ceritakan, dia jelaskan bahwa dia adalah dokter internist, dan bekerja di German,tapi sudah pensiun,barulah saya diberi bantuan oxigen oleh stewart tersebut. saya jadi teringat akan hadist SENYUM ADALAH IBADAH.
---
alhamdulillah mama sampai kembali ke Jakarta dengan selamat, dan insya Allah akan kembali lagi ke Jerman, dan mengunjungi negara lainnya di eropa,seperti Turki, Italia, dan Belanda. Amin ya robbil alamin.

, ,

0 comments

Write Down Your Responses

catatan2 universitas Kehidupan

"Inti dari Kecerdasan adalah Bermanfaat" . Powered by Blogger.