Suasana Ibadah bagi umat Islam di Jerman


Sebelum nyampai ke Jerman, saya termasuk orang yang khawatir dengan suasana ibadah bagi muslim di Jerman. karena Islam di Jerman minoritas.

setelah beberapa bulan tinggal di Kota Hannover, Jerman, dan mengunjungi beberapa kota lainnya, saya cukup lega dengan fasilitas masjid dan suasana penghargaan warga jerman terhadap Islam. menurut saya tidak ada hambatan berarti bagi umat muslim untuk melaksanakan ibadahnya di sini.

sebagai contoh, di kota Hannover, terdapat paling tidak 18 masjid dengan ukuran yang cukup besar (bisa menampung 50 - 200 jamaah), dengan kondisi nyaman dan bersih. dimasjid tersebut di dirikan sholat lima waktu berjama'ah, di beberapa masjid ada acara ceramah/kajian rutin keislaman, ada juga Qur'an Schule (belajar al qur'an untuk anak-anak). di Berlin ada Masjid Indonesia, namanya masjid Al Falah, di Nuerenberg, masjid-masjidnya luas-luas. karena banyak imigran turki dan timur tenggah yang sudah lama menetap dan menjadi warga Jerman.

saat ramadhan ini, semua masjid mengadakan sholat tarawih, untuk berbuka puasa, hampir seluruh masjid juga menyediakan buka puasa bersama, dengan menu ala timur tenggah, turki, pakistan, dan berbagai menu lainnya. ini kesempatan "perbaikan gizi" bagi student dari Indonesia. bahkan sudah menjadi tradisi student Indonesia, keliling dari satu masjid ke masjid yang lain untuk merasakan menu masing-masing masjid. di akhir ramadhan ada beberapa masjid mengadakan i'tikaf.

memang, tidak se meriah di tanah air Indonesia, namun sebagai minoritas, kita juga harus mampu menempatkan diri. masih ada kendala semisal belum boleh adzan terdengar suaranya keluar masjid, kemudian masjid belum merata ke kota-kota kecil. namun secara umum tidak ada kendala berarti untuk melaksanakan ibadah bagi umat islam di jerman.

termasuk juga pengunaan jilbab bagi muslimah, sangat mudah menemukan muslimah berjilbab di Jerman, karena banyak imigran dari turki dan timur tengah yang sudah sejak lahir di Jerman dan menjadi warga negara jerman.

untuk makanan halal, bisa didapatkan di toko-toko turki dan jaringannya, seperti daging, ayam, dan makanan halal lainnya. dan juga secara selektif bisa ditemukan di supermarket seperti Lidl,Rosman, Aldi, Netto,Rewe, dll.

saat ini terdapat 4 juta muslim di jerman, mulai muncul pengakuan tokoh-tokoh Jerman terhadap Islam, saya meyakini tidak lama lagi, didasarkan realita perkembangan ummat Islam di jerman, Islam adalah bagian yang tidak bisa di lepaskan dari jerman. karena jumlah ummat islam semakin banyak, baik karena kelahiran, pernikahan, atau secara sadar memilih Islam sebagai pilihan terbaik. Dari data Dewan Muslim Eropa rata-rata 100 orang perhari masuk Islam di Jerman. dan sebagian dari mereka adalah warga Jerman asli.

fajar Islam, lambat laun akan bersinar di eropa...mari kita do'akan....
semoga bermanfaat.

Sahur, 23 ramadhan musim panas 1432 H
jaharuddin

, ,

0 comments

Write Down Your Responses

catatan2 universitas Kehidupan

"Inti dari Kecerdasan adalah Bermanfaat" . Powered by Blogger.