puasa di Hannover, Jerman


melaksanakan puasa saat musim panas di Hannover, Jerman...dan negara eropa lainnya, dengan waktu Central European Time (CET). puasa di mulai jam 03.50 an dan nanti berbuka pkl 21.30 an. artinya berpuasa lebih kurang 17,5 jam.
kemudian sholat tarawih dimulai pkl 22.45 an, dan baru selesai sekitar pkl 00.00. dan tidak bisa istirahat banyak karena nanti pukul 03.00 harus sudah sahur.di luar, ketika anda berjalan ke kampus, atau tempat kerja, atau sekedar jalan-jalan untuk mengisi waktu...anda akan di hadapkan dengan pemandangan pakaian yang serba "terbuka". artinya kalau anda mau rehat di taman, atau tempat tempat umum lainnya, maka sangat susah anda benar-benar bisa menjaga pandangan dari "keterbukaan" tersebut.
teringat indahnya berpuasa di Indonesia, dengan waktu puasa 12,5 jam, sholat tarawih tidak terlalu malam, waktu istirahat yang cukup, lingkungan saling menghargai karena orang sedang berpuasa....
menurut saya...sangat aneh, jika masih banyak yang tidak berpuasa...dan ini menunjukkan kadar keimanan seseorang (QS 2:183).artinya sebegitu tipiskah keimanan diri, sehingga tidak tergerak untuk memanfaatkan bulan ramadhan sebagai bulan, memperbanyak bekal untuk menetap nantinya di akhirat.
ingat...tempat menetap kita sesungguhnya adalah akhirat...di dunia ini sementara..dan apa yang dilakukan (amal) di dunia ini akan menentukan kehidupan kita kelak di kampung akhirat.
sekali lagi ..wahai umat muslim, manfaatkanlah bulan yang penuh berkah ini...dan kalau belum bisa memaksimalkan ibadah di bulan ramadhan ini...cari dan perbanyak alasan untuk bergerak, lebih cepat dan lebih cepat untuk memperbanyak bekal akhirat.
kamis, hari ke 4 ramadhan 1432 H/4 agustus 2011
di Hannover, jerman

,

2 comments

semangat menjalankan ibadah puasa,kita yg di indonesia harus bnyk bersyukur dengan suasana dan waktu yg lebih singkat....bgtupula di belahan bumi manapun harus bersyukur atas berkah ramzaan di tahun ini dan sebelumnya,:)

benar putri, nikmatilah ibadah dengan kefahaman dan yakinlah Allah memberikan yang terbaik dan paling tepat untuk kita.amin

Write Down Your Responses

catatan2 universitas Kehidupan

"Inti dari Kecerdasan adalah Bermanfaat" . Powered by Blogger.