hari pertama Alif di Grundschule (SD) Goetheplatz Hannover


pagi ini saya dan istri mengantar, anak saya yang pertama Alif, masuk Grundschule (SD), di sekitar rumah kami di Hannover, Jerman. di undangan dari sekolah jam 09.00 CET tertulis begini "es begint fur alle kinder um 9.00 Uhr mit einer okumenischen Feir fur alle konfessionen in der Neustadter Hof-und Stadtkirche st. johanis rote reihe 7". dengan semangatnya saya dan istri berserta zaky, mengantar alif ke acara tersebut, sebelum pukul 09.00 CET kami sekeluarga sudah di lokasi tersebut.

tempat tersebut, cuma 4 menit jalan kaki dari rumah kami, sampai di sana, saya dan keluarga kaget, kok acaranya di gereja ya..???, saya masih berharap saya salah tempat acara, saya coba cari lagi ke tempat lain, kok cuma adanya acara ini aja, trus kami ketemu tetangga yang juga anaknya mau masuk Grundschule (SD). akhirnya nanyalah kami, ternyata pagi itu anak-anak yang akan masuk Grundschule di adakan acara kebaktian di gereja tersebut.

wah, gimana nih?
kami memberanikan diri untuk tidak ikut acara tersebut, ...
dan seingat saya, saat alif persiapan bahasa di sekolahnya, juga cukup banyak teman-teman alif yang muslim, itu terlihat dari orang tuanya berparas arab, atau turki, atau cukup banyak juga ibu mereka yang berjilbab. kok mereka ngak pada datang ya?
ternyata mereka sudah tahu itu acara kebaktian, jadi mereka ngak perlu datang.

ada satu keluarga dari maroko yang juga muslim , datang pagi itu ke gereja , melihat istri saya berjilbab, mereka langsung bertanya...dan kami menjelaskan bahwa di dalam sebagian anak-anak yang akan masuk Grundschule, sedang ada kebaktian.

mereka, akhirnya mengerti dan juga tidak ikut acara...karena tidak perlu ikut acara di gereja,kami langsung ke SD, karena jam 10.00 nya , ada acara penyambutan dan pengarahan untuk orang tua dan anak-anak.

Alif dan kawan-kawannya satu angkatan, di sambut oleh guru dan kakak-kakak kelasnya, dengan mempertunjukkan kebolehan masing-masing kelas, ada yang menari,bernyanyi, sport, dll.

acaranya meriah, dan alif dkk se angkatannya, disambut dengan pemberian bunga, satu persatu...hangat, indah, bersahabat....mereka adik-adik kelas di rangkul, dan hari itu mereka diresmikan sebagai bagian dari keluarga besar Grundschule Goetheplatz.

ketika anak-anak baru di tanya oleh gurunya, misalnya dimana tk kamu dahulu?...yang paling antusias mengangkat tangan untuk menjawab, si Zaky...dia mau menjelaskan sekolah TK nya, dll...zaky sangat antusias berbicara bahasa jerman, dan sangat antusias untuk masuk Grundschule...sabar ya nak...tahun depan insya Allah, Zaky juga akan disambut oleh kakak-kakak kelas zaky, salah satunya abang alif...:).

selamat sekolah Alif...

o, ya, persiapan alif sebelum masuk ke grundschule, sekitar 1 bulan sebelum masuk ke Grundschule, biasanya orang tua di kasih beberapa kertas yang isinya pengumuman, perlengkapan yang perlu di siapkan dan informasi exstrakurikuler, dll. nah terkait dengan perlengkapan yang disiapkan oleh orang tua, listnya sekitar 1 lembar, ini terdiri dari alat tulis (pensil biasa, pensil warna, lem, penghapus,rautan pencil, cat warna, kuas,gunting,map, buku gambar,binder,dll), buku pelajaran, sepatu sport, sepatu dalam ruang, dll. nah untuk melengkapi perlengkapan ini, bagi anda orang tua ngak usah pusing, biar praktis dan hemat, anda cukup datang ke toko teddy, atau 1 euro shop, atau mc geis, anda dengan mudah mendapatkan perlengkapan yang ada di list tersebut dengan harga cukup terjangkau. kalau bahasa jerman anda masih terbatas, minta tolong aja kepada petugas di toko untuk mencarikan, dalam jangka waktu singkat perlengkapan tersebut sebagian besar di dapatkan.

kalau untuk buku ada 2 seri buku yang diminta untuk di adakan yaitu buku belajar mengenal huruf (6 jilid), dan buku mathematik (6 jilid). untuk buku ini anda bisa cari di toko buku Lehman, atau kalau tidak tersedia saat itu di toko, anda bisa order, satu hari kemudian bisa anda ambil bukunya. atau bisa juga di beli melalui e-bay, dari informasi teman bisa lebih murah.

semua perlengkapan tersebut, di namai satu persatu, kami gotong royong menuliskan M.D. Alif Jaharuddin. M.D itu singkatan dari Muhammad Dzakwan. atau sebagai do'a juga singkatan dari Medical Doctor. Amin-amin-amin ya robbil alamin.

dari sisi biaya total sekitar 80 euro.
semoga bermanfaat...

, ,

2 comments

Link-nya umi bagi ke nenek, lola dan auntie ya bi :)

Write Down Your Responses

catatan2 universitas Kehidupan

"Inti dari Kecerdasan adalah Bermanfaat" . Powered by Blogger.