ramadhan pertama di Hannover, Jerman

alhamdulillah....segala puji hanya bagi Allah, hari ini saya dan keluarga, menikmati hari pertama ramadhan di jerman. saat ini sedang musim panas, maka jadwal puasanya mulai pukul 03.53 dan nanti berbuka pukul 21.26, lumayan lama...sekitar 17 jam, 32 menit....
jauh berbeda tentunya dengan di tanah air, yang rata-rata dari jam 04.30 dan berbuka pukul 18.00. namun insya Allah kami akan kuat...
alif pun hari ini ikut berpuasa walaupun sebetulnya tadi malam alif tidak sahur, karena tidurnya juga kemalamam, awalnya mau ikut saya ke masjid untuk tarawih, tarawih di sini juga malam...isyanya pukul 22.45...jadi kalau ikut tarawih selesainya sekitar 00.30....
memang semarak ramadhan di kota saya tidak se heboh kalau di tanah air Indonesia, ada suara adzan, ada suara orang mengaji, ada suara orang yg membangunkan sahur, bahkan siaran TV nya pun ikut-ikutan ..nuansa ramadhan...:)
di sini, suara adzan tidak boleh terdengar keluar masjid, hanya suara speaker di dalam masjid, dan tidak ada kehebohan-kehebohan lainnya...
namun alhamdulilah, tidak jauh dari rumah saya , ada dua masjid, satu masjid kurdi (sholahuddin al ayyubi), satu lagi masjid turki. saya lebih sering sholat di masjid kurdi, karena lebih dekat.
malam tadi ketika saya sholat tarawih, sebelum isya imam masjid dan jama'ahnya yg sebagian besar dari timur,saya merasakan suasana berbeda, karena masing-masing orang bersalam-salaman...mengatakan mubarak ya ramadhan....nuansa mereka bergembira sekali berhasil memasuki rmadhan ini...menurut saya ini agak sedikit berbeda dengan budaya di Indonesia...
jumlah jamaah tarawih malam tadi di masjid kurdi, sekitar 20 orang , padahal masjidnya sebetulnya bisa memuat sekitar 150 orang, mungkin karena terlalu malam dan besok orang-orang akan bekerja.
itu aja dulu.....:)

0 comments

Write Down Your Responses

catatan2 universitas Kehidupan

"Inti dari Kecerdasan adalah Bermanfaat" . Powered by Blogger.