Idul Fitri di Hannover, Jerman

Selasa pagi, 30 Agustus 2011, adalah idul fitri pertama saya dan anak-anak di Hannover, kalau istri idul fitri yang kedua, karena istri lebih dahulu ke Hannover. sebenarnya ada perasaan sedih, karena tidak di tanah air, terbayang omak di pesagang, dan seterusnya....namun kami sekeluarga terus mencoba untuk mengusir rasa sedih saat idul fitri ini,kami berusaha untuk wajar.

sehari sebelum idul fitri, kami mencoba untuk meminta izin sekolah alif, namun ternyata tidak bisa dadakan, dan alif juga baru minggu kedua di SD nya, kemudian zaky baru masuk hari kedua sprachforderung (persiapan bahasa) untuk tahun depan masuk SD. jadilah alif dan zaky juga bersekolah saat hari idul fitri.

pukul 07.50 saya mengantar alif ke sekolah, dari sekolah alif saya mengayuh sepeda lebih kencang untuk mengejar sholat idul fitri di masjid al huda (masjid komunitas arab), karena disana teman-teman dari Indonesia berkumpul....dan alhamdulillah, terkejar, pukul 08.10 sholat idul fitri di mulai...dan dilanjutkan dengan khutbah...semuanya berbahasa arab...jadi, ya...menjadi pendengar yang baik aja.

Istri mengantar Zaky ke sekolahnya, sebelum jam 09.00, jadilah istri harus berkorban untuk tidak bisa ikut sholat idul fitri....sedih juga...:(

setelah selesai sholat id, kita ramah tamah di halaman depan masjid, disana ada kue-kue, kopi, teh untuk menemani ramah tanah, ketemu cukup banyak orang Indonesia, ada pak hamdan, mas boya, dr lukman, yudi, pak hendri, lutfi,rajesh,pak eko, hadi,dan lain-lain...

setelah ramah tamah selesai, saya pamit duluan... pak hendry, hadi, lutfi mau kerumah...sebelumnya istri bergadang menyiapkan opor ayam dan lontong...alhamdulillah, lontong dan opor ayamnya enak...berasa idul fitri di tanah air...walaupun tidak seheboh di tanah air.

sorenya, shilaturahmi ke rumah pak Joharsyah, beliau punya rumah besar, dan dari awal beliau mengundang kita semua warga indonesia, untuk datang ke rumahnya, beliau openhause semenjak pagi sampai malam...masya Allah, makanannya Indonesianya banyak, ada rendang, ada mie, dan seterusnya....

akhirnya kami sekeluarga mengucapkan
MOHON MAAF LAHIR DAN BATHIN
semoga Allah mempertemukan kita dengan ramadhan yang akan datang, semoga Allah memberikan kekuatan kepada kita semua untuk melestarikan nilai-nilai ramadhan dalam keseharian kita. Amin.
hannover, Musim Panas 2011/ Syawal 1432 H.
Jaharuddin-Radiana D Antarianto-M Dzakwan Alif-M Zaky Taqyuddin

,

0 comments

Write Down Your Responses

catatan2 universitas Kehidupan

"Inti dari Kecerdasan adalah Bermanfaat" . Powered by Blogger.