Inti dari kecerdasan adalah bermanfaat

Oleh: Jaharuddin
Saya lupa persisnya dari mana saya dapat inspirasi kata yang saya jadikan judul tersebut, namun sejak awal saya punya blog sepertinya tahun 2008, kata tersebut saya jadikan motto, dan semakin hari semakin saya suka dengan kata tersebut, dan biar tidak multi tafsir paling tidak melalui media ini saya mencoba menjelaskan maksud kata tersebut.

Sampai saat ini baru 7 negara yang saya kunjungi (Malaysia, Singapura, Arab Saudi, Mesir, Jerman, Prancis dan Polandia), dari kunjungan tersebut, saya menemukan fakta bahwasanya orang-orang Indonesia adalah orang-orang yang cerdas, tidak kalah dibandingkan dengan orang-orang dari negara manapun, sebagai contoh ilmuan Indonesia yang berada di Eropa biasanya selalu mendapatkan tempat tersendiri di kalangan ilmuan eropa lainnya, bahkan di kalangan internasional. Banyak nama yang bisa kita sebutkan sebagai contoh.

Nah, tinggal masing-masing dari diri kita mempunyai definisi tersendiri mengenai kecerdasan. Bagi saya, salah satu bentuk dari kecerdasan tersebut adalah dilihat dari seberapa besar manfaat yang tercipta dari kecerdasan tersebut. Saya memahami bahwa semakin besar manfaat yang diberikan dari apapun bentuk karya yang dihasilkan oleh seorang individu semakin cerdas dan istimewa orang tersebut. Dan sebaliknya jika hasil karya seseorang pada akhirnya memberikan kemudharatan bagi orang banyak, maka semakin tidak cerdas individu tersebut.

Dengan demikian bagi saya, bukan pencapaian gelar dan strata pendidikan yang menjadi ukuran kecerdasan, namun besarnya manfaat yang diberikan, bisa jadi seseorang hanya strata 1, atau strata 2 bahkan bisa jadi dibawahnya, namun jika hasil karyanya memberikan manfaat luas kepada masyarakat maka orang tersebut sangat pantas dikatakan cerdas. Dengan demikian maka teman-teman yang diberi karunia dari Allah menyandang gelar strata 3 (doktor) bahkan profesor, namun ternyata karyanya atau tingkah lakunya ternyata merusak masyarakat maka tidak perlu hormat berlebih-lebihan dengan orang-orang yang seperti ini, label akademiknya belum menunjukkan kecerdasan yang seharusnya.
semoga bermanfaat.
musim dingin, 30 Des 2012

,

0 comments

Write Down Your Responses

catatan2 universitas Kehidupan

"Inti dari Kecerdasan adalah Bermanfaat" . Powered by Blogger.