Machsee dan Danau Rathaus membeku, membatu!


11 Februari 2012, dari pagi dirumah, karena ada rencana Ustadz Mahyeldi Ansharullah (wakil walikota Padang), mau mampir ke Hannover, beliau sedang dalam perjalanan tugas mengunjungi kota Hildesheim yang merupakan sister city nya kota Padang, rencananya sore tadi beliau mampir ke Hannover, dan saya diminta untuk menemani selama di kota Hannover.

namun, sampai pukul 16.00, belum ada kabar apakah beliau jadi mampir ke Hannover atau tidak, bisa dimaklumi karena beliau terikat dengan jadwal protokoler sebagai pejabat publik. ngak mengapalah, paling tidak tadi pagi sudah sempat menelepon beliau, dan mengingatkan sedikit memori sekitar tahun 1995 - 2000 beberapa kali Ustadz Mahyeldi Ansharullah datang dan mengisi acara-acara dakwah di Jambi.

Walaupun dingin, Sore ini cerah sekali, melihat suasana yang kondusif ini,akhirnya saya dan keluarga beserta Mama mertua yang sedang berkunjung ke Hannover, punya ide untuk melihat danau Machsee (nama lokasi) dan danau Rathhaus (danau di depan kantor walikota), yang diberitakan di media lokal sudah membeku. fenomena alam yang tidak dijumpai setiap tahun, dari informasi teman-teman, terakhir membeku total seperti sekarang sekitar 15 tahun yang lalu.

Sebetulnya saya dengar informasi ini sudah beberapa hari yang lalu, namun karena beberapa hari ini suhunya minus 10 - 20 derajat. Saya agak kurang tertarik untuk datang ke sana, walaupun kedua danau ini hanya sekitar 800m dari rumah kami. Untuk menjawab rasa ingin tahu dan mengajak anak-anak berjalan-jalan sore, akhirnya kami memutuskan untuk jalan-jalan melihat danau Rathaus dan Machsee.

Suasana sore yang cerah dan suhu yang lebih bersahabat dari hari-hari sebelumnya, sekitar minus 7 derajat, membuat saya sekeluarga semakin semangat untuk jalan-jalan sore.

Kami keluar dari rumah, mendapati suasana yang indah sekali, trus berjalan sedikit kami sudah melihat banyak sekali mobil-mobil diparkir di sekeliling Rathaus, wow banyak sekali ya pengunjung nya?

wah, semakin semangat kita jalan-jalan, dan sekitar 100m dari danau Rathaus, kami sudah terkaget-kaget, karena menemukan danaunya membatu dan orang-orang bermain-main diatas nya...kok bisa ya...?

subhanallah, wal hamdulillah wala illa haillah wallahu akbar...
pemandangan pertama dalam kehidupan kami sekeluarga danau yang luasnya sekitar 6 lapangan sepak bola, membeku, membatu dan kita bisa bermain-main ice skating, seluncuran, main bola, berlari-lari di atasnya.

Alif dan Zaky antusias sekali, ingin berlari-lari diatas danau yang membeku membatu ini, yang khawatir malah istri dan mertua saya, ...."jangan langsung bermain-main ke sana ya...kan bahaya..." begitu lebih kurang kekhawatiran mereka. Saya mencoba menenangkan dengan berargumen...ini Jerman lho...tidak akan dibolehkan oleh pemerintah kota, kalau tidak aman, baru istri dan mertua agak tenang dan juga mencoba naik keatas danau yang sudah membeku, membatu tersebut.
Sampai diatas es tersebut, kami mencoba melihat-lihat ke bawah es, kemana airnya...trus ikannya kemana?...yang kelihatan adalah bongkahan es yang kuat seperti beton lantai yang kuat dan kokoh. akhirnya kami sekeluarga bermain-main dan sempat mengambil beberapa foto di danau Rathaus.

Sebenarnya Alif dan Zaky masih ingin bermain-main disini, namun kami juga ingin tahu bagaimana nasibnya danau Machsee?, danau yang sangat luas sekali, dugaan saya panjangnya sekitar 2km dan luasnya 800m. Danau Machsee ini hanya sekitar 200m dari danau Rathaus. kami sekeluarga berjalan kesana, dan di danau Machsee ini para pengunjung ramai sekali, menikmati kejadian alam yang langka ini.
Dan benar, sama halnya dengan danau rathaus, danau Machsee yang sangat luas, yang dimusim panas biasanya dijadikan arena pacuan layar, sampan, tempat berlatih atlit dayung, dll, saat ini membeku membatu.

Kita semua takjub dengan kekuasaan ALLAH yang luar biasa ini. Sebelumnya kami sering kesini, karena danaunya indah, dan dikelilingi dengan hutan yang dijaga rapi, bersih dan cantik, beberapa kali saya mengelilingi danau ini dengan sepeda bersama Alif atau Zaky, itupun sudah capek. di Dalam danau ini banyak sekali ikan-ikan besar, dengan panjang sekitar 1m.

Para pengunjung menikmati keindahan dan kelangkaan alam ini, ada juga yang membawa grupnya, menyetel music besar-besar dan mereka menari-nari di atas es, ada yang main hoki, ice skating, seluncuran, dll, apalagi ini sabtu malam minggu, jadi sepertinya bakal dijadikan ajang malam mingguan bagi banyak orang.
Yang menarik adalah, pemerintah kota telah mengantisipasi kejadian-kejadian yang tidak diinginkan, terdapat sekitar 10 mobil ambulance stand by di sekitar danau, ada posko kesehatan, dll. benar-benar pemerintah kota siap untuk melayani warganya yang menikmati liburan akhir pekan.
semoga bermanfaat

Hannover, Musim Dingin, 11 Februari 2012. pukul 20.41 CET/02.41 WIB
Jaharuddin

, , ,

0 comments

Write Down Your Responses

catatan2 universitas Kehidupan

"Inti dari Kecerdasan adalah Bermanfaat" . Powered by Blogger.