Kenanganku bersama guru dan pembimbingku Prof.DR. Sofyan Syafrie Harahap MSAc


Malam ini saya dapat pesan facebook dari pak Wiku (teman angkatan 3 pstti UI), mengabarkan guru dan pembimbing saya Prof. DR. Sofyan Safrie Harahap MSAc, telah meninggalkan kita semua, kalaulah saat ini saya berada di Jakarta saya akan langsung meluncur kerumah beliau di Tebet Timur Dalam 1A No. 4, Jakarta. namun sayangnya saya ditakdirkan Allah sedang di sini, di Hannover Jerman, saya hanya bisa berdo'a dan mengajak teman-teman kita semua untuk mengaminkan.

اِنّا لِلّهِ وَاِنّا اِلَيْهِ رَاجِعُوْن
اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مُدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ وَنَقِّهِ مِنْ الْخَطَايَا كَمَا نَقَّيْتَ الثَّوْبَ الْأَبْيَضَ مِنْ الدَّنَسِ وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَأَهْلًا خَيْرًا مِنْ أَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَأَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ وَأَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ أَوْ مِنْ عَذَابِ النَّارِ
“Ya Allah! Ampunilah dia, berilah rahmat kepadanya, selamatkanlah dia, maafkanlah dia dan tempatkanlah di tempat yang mulia (Surga), luaskan kuburannya, mandikan dia dengan air salju dan air es. Bersihkan dia dari segala kesalahan, sebagaimana Engkau membersihkan baju yang putih dari kotoran, berilah rumah yang lebih baik dari rumahnya (di dunia), berilah keluarga yang lebih baik daripada keluarganya (di dunia), pasangan yang lebih baik daripada pasangannya (di dunia), dan masukkan dia ke Surga, jagalah dia dari siksa kubur dan Neraka"

Amin-amin-amin ya robbil alamin.

Dimilis pstti UI dikabarkan beliau meninggal pukul 20.23 WIB di RSCM, sungguh kabar yang memilukan bagi saya, karena beberapa hari ini saya ingin mengirimkan email ke beliau, namun masih teringat dengan status fb seorang teman pak Ahmad (angkatan 3 IEF Trisakti) yang mengabarkan Prof Sofyan sedang sakit, saya waktu itu hanya berdo'a semoga Allah menyembuhkan beliau, namun Allah lebih menyayangi Prof Sofyan dengan memanggilnya.

malam ini, saya langsung mencari alamat beliau di catatan saya, dan masih tersimpan rapi dan jelas, saya terbayang beberapa kali saya mendatangi rumah beliau di Tebet untuk mengantarkan dan mengambil koreksian tesis, saya teringat bagaimana lugasnya beliau ketika memberikan kuliah, berkomentar dan sangat membantu.

saya diberi kesempatan oleh Allah menjadi salah satu mahasiswa bimbingannya, saat saya menyelesaikan tesis, beliau adalah pembimbing kedua, setalah Prof. DR. Uswatun Hasanah MA , memberikan disposisi untuk diteruskan ke pembimbing 2 (Prof DR Sofyan Syafrie Harahap MSAc) saya langsung mengontak beliau, dan ternyata beliau sedang berobat ke China (Nov 2010), namun email saya tetap di jawab oleh beliau, dan beliau minta saya untuk mengantarkan tesis saya ke rumahnya di Tebet, saya antarkan kesana, setelah dia sampai di jakarta, saya langsung di email, untuk mengambil tesis saya, saya kaget, secepat itukah beliau bekerja, ternyata Prof Sofyan langsung koreksi, ada beberapa kali saya bolak balik ke rumah beliau, dan saya terkesan sekali dengan kecepatan beliau mengoreksi dan tidak menunda-nunda.

Tanggal 18 nov 2010, saya mendapatkan cover tesis saya di acc untuk ujian tesis (cover yang beliau tulis tangan tersebut masih saya simpan dan saya bawa ke Hannover :(, ternyata ini tulisan tangan terakhir Prof untuk saya). dan 4 hari kemudian, Prof Sofyan sudah menguji tesis saya. Prof Sofyan adalah orang yang bekerja cepat,tidak menunda-nunda dan memudahkan.

masih teringat salah satu pesan beliau ketika saya ujian teis, beliau tahu saya akan ke eropa dan beliau berpesan agar saya melanjutkan study setelah sampai di eropa. insya Allah. Prof.

Ya Allah, banyak sudah saya mendengarkan kuliah-kuliahnya, termasuk kritikan beliau terhadap draft proposal, dan tesis saya, dan masukan beliau..jadikan semuanya amal jariyah beliau pemberat timbangan amal kebajikan beliau di akhirat. Amin.

anak didik Prof Sofyan (Jaharuddin)
Hannover, Jerman. 2 februari 2012
pukul 21.36 CET/03.36 WIB

,

0 comments

Write Down Your Responses

catatan2 universitas Kehidupan

"Inti dari Kecerdasan adalah Bermanfaat" . Powered by Blogger.