Winter Retreat 2011

alhamdulillah mendapat pengalaman baru diskusi dengan terbuka dan menarik dengan teman-teman mahasiswa di winter retreat 2011. Acara ini diadakan tanggal 28-30 des 2011. tema acara ini let your iman di the walking..

saya berangkat dari Hannover, naik kereta api (IC) ke Berlin, sampai di Berlin Hbf, langsung menunju Tegel airport Berlin. kami check in, dan menunggu beberapa saat untuk masuk ke pesawat LOT Polish Airlines, menuju Warsawa. awalnya saya agak kaget,karena pesawat yang membawa kami ke Warsawa malam itu cukup kecil (equipment: Aerospatiale/Alenia ATR 72), pesawat yang mengunakan baling-baling, dengan jumlah kursi penumpang sekitar 70an kursi, ini merupakan pesawat yang terkecil yang pernah saya tumpangi.

Agak khawatir, nih nanti kalau di hembus angin, gimana ya..?..:), bismillahi...baca do'a..
اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ فِيْ سَفَرِنَا هَذَا الْبِرَّ وَالتَّقْوَى، وَمِنَ الْعَمَلِ مَا تَرْضَى، اللَّهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا وَاطْوِ عَنَّا بُعْدَهُ، اللَّهُمَّ أَنْتَ الصَّاحِبُ فِي السَّفَرِ وَالْخَلِيْفَةُ فِي اْلأَهْلِ، اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ وَعْثَاءِ السَّفَرِ وَكَآبَةِ الْمَنْظَرِ وَسُوْءِ الْمُنْقَلَبِ فِي الْمَالِ وَاْلأَهْلِ

“Ya Allah, kami mohon kepadamu dalam perjalanan ini kebajikan katakwaan dan amal yang Engkau ridhoi Ya Allah, ringankanlah atas kami perjalanan ini, dekatkanlah jaraknya perjalanan ini, Ya Alloh Engkaulah temanku dalam perjalanan ini dan Engkaulah sebagai pengganti yang melindungi keluarga. Ya Allah, aku berlindung kepadaMu dari pada kesusahan perjalanan ini, dari pemandangan yang menyakitkan dan dari nasib yang sial dalam harta dan keluarga.” (HR. Muslim)

...kemudian tilawah, dan menguatkan tekad, insya Allah ini jalan yang benar, kemudian membayangkan para ustadz yang berdakwah ke daerah Timur Indonesia, ...tantangan seperti ini belum seberapa.... diperkuat dengan keyakinan bahwa ini eropa, saya sangat meyakini standar penerbangan di eropa sangat memperhatikan keselamatan terbang, teringat pesawat-pesawat Garuda saja sampai saat ini belum bisa terbang di Jerman, nah pesawat ini, walaupun kecil, insya Allah sudah mendapatkan kelayakan terbang dan keselamatan dari otoritas eropa dan Jerman. Amin.

dengan penumpang sekitar 10 orang, kami mulai mengudara, dan tidak ada hambatan sama sekali, sekitar 1 jam 35 menit kemudian, kami mendarat di bandara Chopina Warsawa. alhamdulillahi robbil alamin.

mengambil bagasi di terminal A, kemudian akh reza, menghubungi panitia, dan panita meminta kami menunggu...beberapa saat, agak bertanya juga dalam hati, kok panitia tidak langsung berada di termina A ya...ternyata dibalik kejadian ini...hampir terjadi tragedi, yang belum bisa saya ceritakan di blog ini...:).

menungu sekitar setengah jam, sekitar 6 orang panitia datang menjemput, berasa sudah kenal lama, para panitia merangkul dengan panuh kehangatan...inilah nikmatnya ukhuwah Islamiyah...hati-hati kami selalu berpadu...dalam dakwah kepadamu ..kuatkan ikatan kami ya Allah....Amin. Walaupun secara fisik kami belum pernah bertemu. subhanallah....

naik bus, dengan satu atau dua kali ganti, sampailah kami di rumah besar, rumah ini adalah rumah yang disewa mahasiswa, dan dijadikan markas dakwah mahasiswa laki-laki.

saya surpise dengan rumah ini, saya bilang ke teman-teman mahasiswa, kalau di Jakarta rumah sebesar dan semewah ini, adanya di Pondok Indah (salah satu kawasan elit di Jakarta selatan). mungkin rumah ini ada sekitar 10 kamar, 2 lantai, dilengkapi gudang, kamar mandi besar, kemudian kolam renang. wow....nih mahasiswa beasiswanya besar nih...:).

Kami di ajak, ke ruang yang besar, dan disana juga ada musholla, saya dan akh Reza langsung sholat magrib dan Isya, setelah selesai duduk di ruang tamu, di sini ada perpustakaan mini, di sela-sela buku yang ada di perpustakaan tersebut terdapat buku sirah nabawiyah, terbitan pustaka al kautsar, sirah nabawiyah terbitan robbani press, fiqh dakwah karya Mustafa Masyhur, dengan bahasa Indonesia. subhanallah..dulu buku-buku ini sangat akrab dengan keseharian saya..selama bekerja di penerbitan..., dan buku-buku itu sekarang ada di perpustakaan mini di eropa...di Polandia, jauh juga ya terbangnya,...semoga menjadi amal kebajikan dan pahala yang terus mengalir bagi orang-orang yang berkreasi dalam menerbitkannya, mulai dari penulisnya, penterjemah, editor, pra cetak, tim produksi, tim marketing, dan tim supporting lainnya. Amin.

tak lama kemudian, tibalah sesi makan malam...kami makan bersama dari satu nampan, satu nampan ber empat...wah...ini sudah lama sekali tidak saya temui, saya belum menemui jamuan seperti ini setelah setahun saya di Jerman, dan 9 tahun saya di Jakarta, ..sudah mulai langka ya...budaya seperti ini?... .dulu zamannya kuliah S1 di Jambi, sering saya menemui makan berjama'ah seperti ini....nikmat ukhuwah kental dirasakan dalam makan malam kali ini.

kemudian kami istirahat, alhamdulillah nikmat istirahat diberikan Allah kepada kami, karena beberapa hari terakhir saya dan akh Reza gerilya, siang malam menyiapkan materi, games, simulasi untuk acara.

sebelum shubuh, salah seorang mahasiswa membangunkan orang-orang di markas dakwah ini untuk sholat shubuh berjama'ah, dilanjutkan dengan al matsurat bersama, kemudian sarapan, dan bersiap-siap untuk aktivitas.

Hari ini, kami dijadwalkan mengisi acara di markas akhwat, ada beberapa orang berkumpul disana dan saya serta akh Reza membawakan materi amal jama'i, dilanjutkan dengan diskusi...seharian...dan alhamdulillah semoga memberikan pengetahuan dan pencerahan bagi kami pemateri dan bagi pendengar....Amin.

malamnya, istirahat dan besoknya pagi-pagi kami akan melanjutkan perjalanan ke Mikolajki, Mazury, sekitar 5 jam perjalanan dari Warsawa. perjalanan berjalan lancar, dan menyenangkan...panitia menyewa satu bus, untuk kami semua menuju lokasi acara, sampai di lokasi acara sekitar pukul 12. an, lokasi acara ini adalah sebuah hotel di kawasan wisata di utara Warsawa. teman-teman mahasiswa menyewa satu hotel untuk peserta, panita dan pembicara. luar biasa!.

sekitar pukul 16.00 acara dimulai.......

Ditemanin Reza Fathurrahman, seorang aktivis dakwah keturunan Aceh, dengan berbagai pengalaman trainingnya, membuat acara ini menjadi dinamis dan menumbuhkan motivasi dan semangat bagi semua peserta. saya pribadi sangat bangga dengan trainer yang mengecap pendidikan sarjana di psikologi unpad, saat ini sedang menyelesaikan study bidang kebijakan publik di Erfurt, Jerman.

memang secara usia saya lebih tua, namun banyak ilmu yang saya dapatkan dari sahabat ini, seperti: dia bercerita tentang philosophi "gelas kosong", intinya adalah, banyak aktivis kampus ketika dia keluar kampus dengan berbagai pengalaman dan jabatan yang pernah di sandangnya di kampus, membuat seorang aktivis kampus, menjadi kurang bisa menyesuaikan diri, bahkan cendrung tidak bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan baru. Padahal seharusnya setiap aktivis, apapun jabatan anda sebelumnya di kampus, hendaknya anda menyatakan dan menyiapkan diri anda untuk kembali belajar dari bawah, walaupun anda sebelumnya sudah terkenal, banyak pengalaman dan seterusnya. dengan demikian anda mempunyai kesiapan yang baik untuk meniti karir selepas kampus, dan pengalaman yang anda dapatkan selama berada di kampus, akan menjadi nilai tambah anda untuk lebih cepat dalam beradaptasi baik secara horizontal maupun vertikal.

pengalaman ini bukan hanya dominasi aktivis kampus, hal yang sama bisa terjadi juga bagi anda yang memulai hal baru (misalnya pindah ke tempat baru, pekerjaan baru, dstnya....). jabatan, pengalaman, dan pengetahuan yang anda miliki sabelumnya jangan membuat anda terperangkap untuk susah beradaptasi, kosongkan "gelas" anda...dan mulailah belajar ..walaupun dari bawah...dengan demikian anda akan sukses.

ucapan jazakallah khairan katsiro...saya ucapkan kesemua ikhwah wa akhwati fillah di Poland dan Czech, yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu...juga kepada Senarai Ahli Jawatan Kuasa PMS Poland 2011, yang di komandani akhi MNA bin A.

semoga bermanfaat...
Jaharuddin
selepas review materi bersama panitia
pukul 02.45 waktu polandia
di kamar 03 H MC M M, Poland

1 comments

insyaALLAH ustaz..

nanti ada masa boleh kita ketemu lagi ya.

Ikram Mohd Noor,
Olomouc, Czech Republic.
*datang bersama dgn akhi azizul

Write Down Your Responses

catatan2 universitas Kehidupan

"Inti dari Kecerdasan adalah Bermanfaat" . Powered by Blogger.