diary mama di Eropa (1)


30 Nov 2011 at 21.02
oh begini ceritanya, sampai cengkareng,terus cek in, ngak taunya ada peraturan baru, boleh bawa barang hanya 23kg.dan 1 koper aja supaya besarnya sama,kalaumau tambah satu piece lagi,berarti bayar 100 us$.ngak mau dong, terpaksa buka kopernya jadi satu,padahal baru di wraped pake plastik,mana harganya rp35000.-untung yg dorong wheel chairnya baik banget.

30 Nov 2011 at 21.13
sekarang cerita diperjalanan, dipesawat yang lamanya lebih dari 15 jam mana, full jadi pada waktu tengah malam ,lampu sudah dimatiin, dan Elma dapat kursi yg rownya 4 org, hanya terisi ujung satu org,dan yg ujung satu E, jadi 2 kursi tengah kosong, kok org itu tidur sambil duduk, ahirnya lihat sekeliling, udah pada tidur, ada yg nempel ketemen sebelahnya, ada yg nempel ke t.v. didepannya. mau tau ap yg e kerjain, buka kedua TANGAN KURSI, maka kedua kaki bisa naik dan diluruskan....,wah kalau rezeki ngak kemana kok. apalagi yg kursi ujung itu,seorang getlemen. dia hanya senyum2.

30 Nov 2011 at 21.28
sampai di Airport Belanda,Schipol mestinya disambut org pake wheell chair,ternyata dibawa dgn mobilmini,seperti di lap.golf. supirnya ibu muda dari Ambon, suaminya org Bandung, wah..baik banget bisa bhs.Indonesia,meskipun besar dan lahir di holand.
beland ke Hanover hanya 45 men. sudah langsung ditunggu whell chair, diurusin semua, sampe dianter keluar ke kursi tunggu, baru mau duduk, cucu2 berlari2,dan manggil2 nenek....nenek.....,wah..pada ganteng2 memakai topi bulu yang ada gambar Spidermannya. sambil ngomong banayk banget... yang neneknya ngak bisa ngerti karena, bhs.German. malamnya nenek dientertain dgn nyanyian2 Germannya. tapi kok ada kata2 Wal Asrinya, kakaknya, Alif yang sudah duduk di elementary scholl, bilang itu bukan nyanyi german, tapi nyanyian Al Quran, wah....
mentang2 nenek ngak ngerti ,diboongin sama Zaki, yang masih duduk di Kindegarten

1 desember 2011, at 20.00
THank u ya, emang seneng banget ditengah2 cucu yg udah sangat dikangenin, malam pertama Umi nya ngelarang cucu2 tidur sama nenek, supaya ngak merubah system, tapi hari kedua terpaksa menambah tempat tidur di kamar nenek supaya cucu2 bisa tidur sama nenek. rupanya tuh cucu2 semalaman ngak tidur, karena kepingin cepat liat neneknya.

1 desember 2011, at 20.40
cerita hari kedua, Abi dan Umi terpaksa menambah tempat tidur di kamar nenek, karena desakan cucu2. hari ini mau anter Alif ketemu dr nya. makan siang di Rest. Turky yg terkenal, waw..memang super makanannya, disebelah rest. itu ada rest.Turki yg ngak terlalu mahal dan all u can eat. tapi Abi bilang lain kali boleh di coba, tapi sekarang mau kasi tau mama makanan arab yg enak...dari sana baru kedokter nya Alif, wah...kemana2 naik train dlm kota, cape banget, dan E. sering duduk2 dulu di coffee shop. keputusan, Abi dan Umi harus beli, whell chair. jadi sebelum beli whell chair, ngak bisa jalan2. semalam Umi dan Abi udah lihat2 di inernet, orang2 yg jual barang seken maupun baru, wah modelnya macem2 dan harganya, separuh jkt. kata Umi lebih baik yg pake listrik aja. percaya ngak, ada sistem lelang, misal dipasang harga Euro 50,- boleh nawar dari Euro 1,-

1 Des 2011, at 20:55
Elma sedang mikir bagaimana caranya, tetap makan 3x tapi ngak nambah gemuk, Umi dan Abi memaksa untuk tidak skip makan malam, alasan mereka musim dingin itu membutuhkan banyak energy u pembakaran dll, mau ngak nurut, nanti Umi b.t. mau ngikutin car mereka wah.... gimana, mereka minumnya bukan air putih, makannya chiken atau beef yg diberi bumbu dan dipanggang di oven, menu itu yg disukai Alif dan Zaki, juga mudah u Umi bikin, tapi heavy banget, tapi anehnya mereka ngak gemuk, mungkin karena kemana2 berjalan cepat dan naik train. kata mereka makanan disini sangat murah, karena semua bahan pokok di subsidi pemerintah.

2 des 2011, at 20:19
Tadi malam,Nana bawain sepatu both, wahh no.nya 42, gede banget, tapi setelah memakai kaos tebel, teryata enak juga, kalau atasnya dilipat,bulunyaa warna putih,keren juga..siang ini Nana dan Jahar,sedang pergi beli wheell chair, karena nanti malam di pertokoan akan ada midnight sale,kata Abi mama boleh pergi berdua dgn Nana, Alif dan Zaki dirumah sama Abi nya.

5 des 2011, at 01:54
Hallo Cun, dulu diajak katanya jaga cucu , tapi masih banyak waktu kok kalau mau kesini , Elma rencana 3 bl kok disini , di tunggu lho.... percaya ngak di sini di kota yang sangat modern ini, masa hal2 yg superstesious masih ada. dimana di pinggir sebuah danau yg sangat indah, kalau ada yg pacaran mereka pasang gembok disatu tiang besar,kemudian ,mereka buang kuncinya ke danau itu,agar langgeng. dan ada juga yang lucu, di daerah pertokoan besar, ditengah2nya ada sebuah jam antique, yg di bajuin dan pridikelly bajunya diganti, siapa yang pingin segera punya jodoh, berdiri disana , beberapa waktu kemudian pasti dapat jodoh, lalu Elma bilang ke Nana sambil guyon, wah... mama perlu berdiri disana dong....
2 des 2011: at 20:31
Sekarang mau masak dulu ah..karena nanti sore ada pengajian temen2 Abi, kira 2 10 org.masak gulai ayam pake bumbu,kari ijo buatan Thailand, ngak tau apa jadinya.plus kerupuk dan macaroni schotel aja. mudah2an temen2 Abi seneng.kata Umi, mama jangan masak dulu, nanti biar dia yg masak, tapi iseng2 dimulai ajalah.

4 des 2011, at 23:29
Down there , outside of the apartement they have a big Bazar, from handycraft, toys, dress, food drink and till the branded things, the musiek, stat from magrib till midnight, last night we went there, but only for short time, because off the rain' now I to go down there to see the muziek concert, but Nana n Jahar going to Nanas university, M.H.H. to bring Zaki to emergency room. because he had temperature since last week. lets hope nothing serious with him, because in this climate, virus is everywhere.

komentar 6 des 2011, at 13.19
Setelah di rotgen ternyata ada virus di paru2nya, dia disuruh istirahat total u 2 hr. kemarin pagi ,bangun jam9.00 lalu disuapin nnk dia mau, mkn nya habis tapi yaitu, nasi sampai kering ditangan, lalu dikasi obat dan jam 12.00 s/d 14.00 tidur lagi , bangun jam 14.00 dikasi makan nasi lagi , habis juga, sore jam 17.00 dikasi segelas susu coklat, Alhamdulillah ngak batuk2 dan ngak ada gemetaran dan ngak panas lagi

komentar 6 des 2011, at 14:29
Sekarang Elma sedang di Comp. Zaki dateng ngedeket,dia bilang nnk Zaki udah bangun , dan Alif baru mau berangkat sekolah bersama Umi nya, Abi bilang ke Alif, supaya nanti jam 15.00 pulang aja ,ngak usah ikut acara natalan , Alif bilang kenapa Abi..???, si Adek, Zaki langsung jawab. E G A L , yang artinya, terlerah aja,
pokoknya kalau Abi Ngomong harus di turut, ...E G A L. as you wish ...Abi.

komentar, 6 des 2011, at 14:41
Elma bener2 bersyukur pada Allah, karena apa yang selama ini kami kwatirkan terhadap Zaki, ternyata ,sekarang ngak ada sama sekali, yaitu ngak bisa ngomong atau ketinggaln perkembangan, ternyata Zaki sekarang, malah bawel banget, dan over P.D. trimakasih ya Allah, di negara yg sangat maju ini , banyak sekali yg bisa ditimba. contoh guru2 disini u anak2, mereka juga ahli jiwa anak2, mereka memberi buku2 p.r. tapi tidak diharuskan selesainya sekian, jadi anak2 itu, punya irama belajar sesenang hatinya, malah jadi menunjukan keinginan u berlomba2 menunjukan dia sudah menyelesaikan ,lebih dari teman2nya.

6 des 211, at 14:20
Dari kamar tamu ini, meja kerja Abi didepan jendela,jadi kalau memandang keluar sana keliatan menara gereja tua sekali ada jam besar nya yg berdentang setiap jam ,dan masih berfungsi ,alias masih tepat waktu, disampingnya ada Qubah biru, persis seperti mesjid tapi tidak ada bulan sabitnya. saya bertanya dlm hati, apakah pada saat Islam berjaya di Eropa, gedung itu sebuah mesjid???,tapi menurut Jahar, itu gedung tempat, kantor berita, seperti kita ged.b Berita Antara. dan disebelah kiri jendela saya ada pohon besar, yang hanya ada ranting2 kering kecoklatan. tempat bertenggernya banyak burung gagak, wah Elma ngak suka banget bunyinya. karena kami tinggal di lt 4. maka gedung2 berlantai 3 hanya kelihatan gentengnya.

komentar ke pertanyaan de titi, 6 des at 14:24
Ti, apart.Umi ini persis di tengah segala kegiatan kota, kalau kita keluar pintu menuju ke kanan , disitu banyak gedung2 kementriannya, ada DPR, ada Depkes , ada kantor Berita, Gereja , danGedung2 pemerintahan.
kalau keluar pintu belok kanan maka kita betul2 ditengah2 pertokoan besar, persis kaya suasana di Orchard Road, toko2 barang Branded, sampai toko2 Antiq jl. Surabaya, pokoknya heboh deh, kalau kita teruskan dari pertokoan itu nyeberang jalan, udah ketemu station besarnya Ban Hof. cakep deh stationnya di bawah tanah ada 3 lanti, bisa pake escalator ,atau lift. sedangkan atasnya ada shopping center.harganya tidak semahal , shoping center dekat apart, Umi.
Ti, thank you verymuch ya, untuk semua2nya, sampai hari ini, udah 8 hr, Mama di Hanover, masih seperti ngak percaya,mama bisa sampai disini. dgn keimingrasiannya yg sangat berbelit2 dan rekening yg harus besar.once againt. thank you to Titi n Benny , Nana n Jahar. God bless all of you.
de titi: Amiin.. Hehe, seru ya ma di sana. Insya Allah one day titi,benny,raffy,dayyina bisa kesana jg ya.. Amiin
bener deh De, kotanya, bener2 besar, dan kobinasi clasic dan super modern, smapai mama berpikir kalaulah cucu2 mama yang laki2 udah gede, biarlah mereka jadi Insinyur di German ini, tehnology dan arsitekturenya , canggih banget.
sebenarnya, kota Hanover ini didirikan pd th 1639, saat itu masih banyak sekali ladang manusia hanya 50% dari luas daratannya. th 1939, mereka sudah penuh penduduk dan sudah banyak pembangunan,tapi pada perang Dunia II th 1945, kota Hanover, hancur musnah, anehnya yang tinggal hanya Kantor Balaikota (yg Mama Berfoto didepannya, serta gereja yang ada jam tua dan yam yg terbuat dari Emas/tembaga.
bayangin , sama dgn kemerdekaan kita dia sudah begitu bagus kotanya, transportasinya, dan kemajuan menajemen ekonomi rakyatnya, disini org sudah ngak perlu mikir u makan ,sekolah, transport, dan kesehatan, semua pemerintah yg mikir dan atur.mestinya mereka sehat badan dan bathin, tapi kok masalah bunuh diri makin meningkat. tapi ada yang aneh orang2 disini ngak mau beli rumah, mereka ngak ingin investasi di rumah, jadi ,kalau tua mereka hanya menikmati jalan2nya. dan barang2 mereka biasanya, dijual ketoko2 barang bekas aja. karena anak2nya udah ,ngak ada tempat.

6 des 2011, at 20:37
sudah dua hari ini Zaki ngak sekolah ,harus istirahat total selama 2 hr. Alhamdullillah makannya bagus, tidurnya bagus dan Elma ,percaya dgn bacaan Shalawat " THIBBIL QULUB " yg dibacain 3x sehari, yg mohon diberi kesembuhan, bunyinya kira2 seperti ini ; ALLAHUMMA SHALLI ALAA SAYYIDINAA MUHAMMADIN THIBBIL QULUUB, WA DAWAA-IHAA ,WA AFIATIL ABDAANI WA SYIFAA-IHAA , WA NUURIL ABSHAAR WA DHIYAA-IHAA WA ALAA AALIHII WA SHAHBIHII WA SALLIM. KATA dr.Nana obat antibiotiknya, kental banget, 21/2 x antibiotik di Indonesia. tapi semua kesembuhan kita minta tolong pada Allah, dokter hanya penjembatani. benar ngak dr.Nana
Alhamdullillah, dia sudah lumayan sembuh, tapi hari ini ,belum masuk sekolah ,kata dr.Nana masih perlu istirahat,tapi ini sedang siap2 mau kebawah sebentar,lihat2 mantel u mama ,karena yg dari Jkt ngak menjukupi menahan dingin, keadaan udaranya berganti2, kadang bagus matahari bersinar,tapi mendadak angin dan gerimis serta dingin yg sangat.

bersambung....
Note: waktu yg tertera masih menunjukkan waktu WIB, untuk waktu Hannovernya dimundurkan 6 jam persis. kalau di jakarta pukul 12.00 siang berarti di Hannover pukul 06.00 masih sangat gelap, belum masuk sholat shubuh.

0 comments

Write Down Your Responses

catatan2 universitas Kehidupan

"Inti dari Kecerdasan adalah Bermanfaat" . Powered by Blogger.