Tips Menyelesaikan Tugas/kerjaan yg banyak

Oleh: Jaharuddin
Tentunya anda pernah menghadapi menumpuknya pekerjaan, sementara waktu yang anda miliki untuk menyelesaikannya, terbatas. ada kalanya muncul rasa cemas, panik, dan bisa jadi menstimulan stress, dan kalau ini terjadi, efek selanjutnya bisa terjadi, misalnya mual, ngak selera makan, suntuk, dan seterusnya.

Berikut langkah sederhana yang anda bisa lakukan, jika anda dalam kondisi menghadapi setumpuk pekerjaan yang anda harus lakukan.
1. Kendalikan diri anda, anda tidak perlu panik, apalagi stress, yakinlah pekerjaan yang anda hadapi semuanya bisa anda lakukan dengan baik.
2. Selanjutnya, buatlah list pekerjaan yang akan anda kerjakan.
3. Buat skala prioritas, mana yang paling prioritas untuk anda kerjakan, saat yang sama juga anda menandai, mana pekerjaan yang anda menyukai dan mudah untuk anda kerjakan.
4. Jika anda mempunyai waktu yang relatif longgar, maka mulailah mengerjakan tugas-tugas yang anda sukai dan mudah anda kerjakan, dengan cara ini sebagian dari list tugas yang seharusnya anda kerjakan akan terselesaikan dengan baik.
5. Namun jika waktu anda, sedikit, maka mulailah mengerjakan tugas-tugas yang masuk dalam prioritas, dan anda menyukainya.
6. Selanjutnya kerjakanlah satu persatu tugas anda, sampai selesai.
7. Jika akhirnya ada yang tidak selesai, dan dari sisi waktu masih mungkin untuk dikerjakan pada hari-hari selanjutnya, maka masukkan dalam list agenda kerja yang akan anda kerjakan pada hari selanjutnya. kebiasaan ini, akan memberikan budaya pada diri anda, untuk menulis agenda-agenda yang akan anda kerjakan, saat yang sama, anda juga terbiasa untuk melakukan evaluasi dari semua pekerjaan yang telah dan yang akan anda lakukan.
selamat mencoba.
Hannover, Jerman, musim panas 2012

, ,

0 comments

Write Down Your Responses

catatan2 universitas Kehidupan

"Inti dari Kecerdasan adalah Bermanfaat" . Powered by Blogger.