Cara mendapatkan Peluang Usaha

Oleh : Jaharuddin
Serial : Islamic Entrepreneurship

Pertanyaan yang sering muncul dalam diskusi tentang entrepreneurship adalah, bagaimana mendapatkan peluang usaha, banyak teori dan pengalaman yang dapat digunakan sebagai referensi. Saya menjawab pertanyaan tersebut dari sisi objek yang bisa di create menjadi produk atau jasa, berikut ini
Barang
Cara yang paling konvesional untuk mendapatkan ide peluang usaha adalah, merekayasa potensi yang sudah disediakan Allah dimuka bumi ini, untuk ditawarkan ke pasar. Saya fikir ini tidak perlu diulas terlalu panjang, banyak contoh yang bisa kita sebutkan. Seperti komputer, printer, buku, dll.
Jasa
Hampir sama dengan barang, banyak sekali contoh jasa yang bisa anda jadikan peluang usaha, seperti jasa pengiriman barang, jasa perbankan, jasa foto copy, jasa dokter, jasa pengacara, dll.
Tempat
Tempat juga merupakan objek yang bisa direkayasa untuk dijadikan peluang usaha, sebagai contoh yang mudah diingat adalah Bali sebagai tempat tujuan wisata, Lombok, Danau Toba di Sumatra Utara, dll. Dimanapun anda, bisa jadi wilayah anda bisa direkayasa menjadi produk yang bisa dijual, dan itu adalah peluang usaha.
Contoh lain, adalah penyediaan lahan pemakaman, di kota besar, saat ini kebutuhan terhadap lahan pemakaman semakin dibutuhkan, anda tinggal menyediakan lahan di luar Jakarta, anda bisa menjualnya ke pasar, dan tahukah anda, permintaannya selalu meningkat. Bisa jadi anda membeli lahan di luar Jakarta dengan harga murah, kemudian anda pagar, anda kavling dan anda tawarkan dengan nilai yang bagus kepada konsumen di kota besar, dan anda tambahkan value di produk tersebut.
Orang
Anda ingat Fatin, Maher Zein, Mario Teguh, A Gym, dan banyak tokoh lainnya. Pada dasarnya mereka adalah orang atau figur yang bisa di create menjadi peluang usaha. Dan tidak selamanya orang yang bisa dijadikan peluang usaha tersebut adalah orang terkenal, karena awalnya mereka juga tidak terkenal.
Point utama yang harus dilihat adalah dimana keunggulan dan keunikan orang/figur tersebut yang pada akhirnya bisa ditawarkan kepasar dan menarik perhatian. Tentunya karena “keungulan” dan “kebaikannya”.
Hindari “terkenal dengan cara mengencingi sumur zam-zam”, maksudnya adalah terkenal tapi dengan menodai kesucian dalam agama, dan budaya masyarakat. Menurut saya yang melakukan itu masih perlu mendapatkan pencerahan dan curi yang berfikiran jangka pendek.
Pengalaman
Pengalaman juga bisa dijadikan peluang usaha, banyak contoh yang bisa anda create menjadi peluang, misal sepekan bersama tim sepak bola kesayangan anda, liburan ke desa, bisa bermain bermain lumpur di sawah, menanam padi, naik diatas kerbau, pengalaman liburan di eropa dan mukim di rumah penduduk, pengalaman umroh bersama tokoh idola, dll.
Acara
Contoh kongretnya adalah pameran buku di Frankfurt, pameran otomotif, pameran dagang internasional, dll.
Properti
Rumah, sukuk, saham dan sejenisnya, bisa anda jadikan peluang usaha.
Organisasi
Pernahkah anda terfikirkan, mengapa perusahaan biasanya membuat komunitas terhadap produk-produk tertentu dari usahanya, banyak sekali club yang diciptakan, dan itu semua adalah peluang usaha.
Jika anda mempunyai organisasi yang kuat , baik karena networkingnya yang luas, atau kuat dalam penguasaan ide, maka bisa anda jadikan peluang. LSM, partai Politik, Organisasi Massa, bisa dijadikan peluang usaha, bahkan saya mengatakan ini adalah megamarket. Yaitu peluang yang menghasilkan berbagai peluang lainnya.
Informasi
Anda membaca media setiap hari, anda pernah sekolah dan kuliah tentunya, itu semua pada dasarnya adalah menjadikan informasi sebagai peluang untuk usaha.
Ide
Tentu anda pernah melihat TV, banyak sekali ragam acara yang salah satunya tentu adalah program kesayangan anda, kenapa selamanya kita menjadi penonton, tidakkah pernah terfikirkan, anda men create sendiri program kesayangan anda, dan anda menyukainya, saat yang sama anda mendapatkan penghasilan dari usaha tersebut.
Bukankah acara di TV, berawal dari ide. Nah ide, merupakan sesuatu yang mahal, dan jangan anda biarkan hilang begitu saja. Program di TV merupakan implementasi ide yang dikembangkan menjadi produk, dan ini bisa dikembangkan dalam bentuk iklan, dan produk lainnya.

Semoga memberikan pencerahan kepada anda bahwa, beragam peluang usaha yang bisa dilakukan dalam membuat produk dan jasa, Jadi mulai saat ini, jauhi fikiran sempit, bahwa tidak ada peluang usaha yang bisa dikerjakan, atau susah mencari peluang usaha. sepuluh objek diatas membuka mata dan fikiran kita, banyak hal yang bisa di jadikan peluang usaha. Usaha bukan hanya seputar barang dan jasa.
Selanjutnya tergantung anda membuat produk yang kreatif dan unik, pertanyaan dasarnya adalah apa perbedaan produk anda dengan produk lain yang sejenis. Namun jika anda belum mendapatkan keunikan produk anda, anda jangan berhenti, karena dalam dunia usaha, bisa jadi action anda adalah solusi dari keunikan anda. Artinya banyaklah bertindak dengan sungguh-sungguh, iringi do’a, create value atau nilai yang mendorong anda untuk bertindak, seperti : usaha anda dedikasikan untuk membangun masjid, pondok pesantren, membiayai da’i berdakwah, membangun sekolah gratis, membangun rumah murah, membuka lapangan pekerjaan sebanyaknya, membangun klinik sehat, gratis untuk dhuafa, menyekolahkan anak cerdas dari daerah ke luar negeri, anda cuma menumpang hidup secukupnya dari usaha tersebut, dengan cara seperti itu, semoga dimudahkan jalan, dan apapun yang terjadi baik sukses, maupun berdatangan tantangan dalam kehidupan anda. Anda tidak pernah menunggu sukses dan kaya raya untuk mendapatkan bahagia, karena setiap saat dengan kondisi kaya raya, maupun sedang berjuang anda merasakan ketentraman dan bahagia menjalani kehidupan.
Jadi bahagia tidak menunggu anda sukses dan kaya, mulai saat ini anda bisa mendapatkan bahagia .
Semoga bermanfaat.
Jakarta, 18 Desember 2013
Kontak: hp/wa 085718744465. Email:jaharuddin@gmail.com. twitter: jaharuddin03

, ,

0 comments

Write Down Your Responses

catatan2 universitas Kehidupan

"Inti dari Kecerdasan adalah Bermanfaat" . Powered by Blogger.