Memaknai perjalanan ke Berlin


minggu pertama dan minggu ke tiga setiap bulannya, saya berkunjung ke Berlin, menemui sahabat-sahabat yang "Bekerja untuk Indonesia" dengan cara berkontribusi membangun masyarakat Indonesia di Jerman, mereka ini adalah para ilmuan, profesional,mahasiswa master serta doktoran yang sedang menimba ilmu di Jerman. selain mereka sibuk dengan aktifitas profesional, dan juga aktifitas riset mereka, mereka benar-benar mau menyediakan waktu untuk memikirkan masyarakat Indonesia di Jerman. keinginan mereka adalah masyarakat Indonesia yang ada jerman sukses di bidang masing-masing.

Bagi yang masih status master dan doktoran secepatnya menyelesaikan risetnya, sebelum beasiswa berakhir, dan diharapkan saat yang sama muncul kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan, bahwa sukses bukan hanya untuk diri sendiri, namun sukses itu adalah sukses pribadi serta bahagia melihat orang lain juga sukses. bahkan proaktif membantu mencarikan solusi masalah-masalah yang menimpa saudara-saudara sesama Indonesia di Jerman.

sebagai contoh, terdengar salah seorang mahasiswa Indonesia yang sedang mengambil master di Goettingen, tidak bisa memperpanjang visanya, salah seorang sahabat yang bekerja di KBRI, sungguh-sungguh mencarikan solusi, bagaimana caranya agar mahasiswa ini, tetap bisa memperpanjang visanya, sehingga studynya tetap bisa berlanjut sampai selesai, dan banyak kasus lain yang bagi teman-teman ini menjadi peluang ibadah dan beramal untuk bergotong royong menyelesaikannya.

Bermodalkan Schones Wochenende Ticket (SWT), tiket SWT adalah tiket di akhir pekan,yang bisa di gunakan oleh 5 orang, untuk hampir semua moda transportasi kelas ekonomi di Jerman, dari pukul 00.00 sampai pukul 03.00 hari berikutnya, seharga 39 euro, saya berangkat dengan dua orang sahabat, sebelum pukul 05.55 sudah berada di hbf (haufbahnhouf/ central station) Hannover, tepat pukul 05.55 kereta menuju ke Braunsweigh meluncur, dan sampai di Braunsweigh 45 menit kemudian, selanjutnya menunggu sekitar 1/2 jam, dengan mengunakan tiket yang sama melanjutkan perjalanan menuju Magdeburg, dari Magdeburg selanjutnya ke Berlin.

sampai di Berlin hbf pukul 10.47 CET, dengan suasana yang masih bugar, karena keretanya nyaman, bersih, dan tepat waktu. naik bus beberapa menit sampailah di rumah sahabat yang menjadi tuan rumah pengajian. kita melakukan pengajian dan membahas permasalah masyarakat Indonesia, dan berbagai informasi tentang Indonesia sampai pukul 16.00 CET, maksimal pukul 16.30, karena kami yang berada dari luar kota harus menuju halte bus, untuk naik bus menuju Berlin hbf, dan tepat pukul 17.11 CET, kereta meluncur ke Magdeburg-Braunsweigh dan sampai di Hannover hbf pukul 22.05 CET.

Melelahkan....., namun kami berkeyakinan bahwa untuk mendapatkan surganya Allah memang butuh perjuangan, kita yang sedang berproses untuk mendapatkan doktor aja butuh perjuangan yang luar biasa, apalagi untuk mendapatkan surganya Allah, kami menyadari bahwa butuh semangat dan pengorbanan yang besar, untuk mendapatkan surganya Allah.

suatu hari, saat sebagian dari kita, sudah kembali ke tanah air, moment yang seperti ini akan kami rindukan, perjuangan, perjalanan, dan pembahasan agenda umat, menjadi melekat dalam diri setiap kita, dan insya Allah...dimanapun kita berada... hati-hati kami tetap berhimpun dalam cinta pada-MU, telah berjumpa dalam taat pada-MU, telah bersatu dalam dakwah pada-MU, telah berpadu dalam membela syariat-MU, teguhkanlah, ya Allah, ikatannya. kekalkanlah cinta kasihnya. Tunjukilah jalan-jalannya. Penuhilah hati-hati kami dengan cahaya-MU yang tidak pernah hilang. lapangkanlah dada-dada kami dengan kelimpahan iman kepada-Mu dan indahnya bertawakkal kepada-Mu. Hidupkanlah hati ini dengan ma'rifat kepada-Mu. Matikanlah kami dalam syahid di jalan-Mu. Engkaulah sebaik-baik pelindung dan sebaik-baik penolong. Amin-amin-amin ya robbil alamin.
semoga bermanfaat.
Jum'at, musim gugur, 23 september 2011
jahar
NB: seiring adanya rekomposisi di akhir tahun 2011, semakin rindu dan teringat wajah para ustadz yg sering bertemu di Berlin, seperti ... AS Dresden, RO Malaysia, MF Hannover/Bremen, HS Hannover, RS Dresden, RF Erfurt, MSJ Berlin, SH Berlin, AA Berlin, Al Berlin...semoga Allah mengumpulkan kita kembali kelak di surga-Nya. Amin ya robbil alamin.

,

0 comments

Write Down Your Responses

catatan2 universitas Kehidupan

"Inti dari Kecerdasan adalah Bermanfaat" . Powered by Blogger.