28,35% Penduduk dunia pada tahun 2006 beragama Islam, ini berarti 1.789.770.000 orang penduduk dunia beragama Islam, sedangkan jumlah populasi dunia pada tahun 2006 adalah 6.313.780.000 orang.
Sementara itu data populasi muslim di kota-kota besar eropa tahun 2007 , adalah
Marseiles 25% = 200 rb jiwa dari 800 ribu jiwa
Amsterdam 24% = 180 rb dari 750 ribu jiwa
Stockholm 20% = 155 rb dari 771.038 jiwa
Brussels 17 – 20 % = 160 – 220 ribu
Moscow, 16 – 20% = 2 juta dari 10-12 juta jiwa
London, 17% = 1,3 juta dari 7,5 juta penduduk
Birmingham, 14,3%= 139.771 jiwa
Utrecht, 13,2% = 38.300 dari 289 ribu jiwa
Roterdam, 13% = 80 ribu dari 600 ribu jiwa
Copenhagen, 12,6%= 63 ribu dari 500 ribu penduduk
Paris, 7,38% = 155 ribu dari 2,1 juta jiwa
Hamburg, 6,4% = 110 ribu dari 1,73 juta jiwa
Berlin, 5,9% = 200 ribu dari 3,4 juta jiwa
Dari data di atas paling tidak terdapat 4.781.071 jiwa muslim di 13 kota eropa, ini merupakan pasar potensial bagi penerbit buku Islam, seharusnya sangat mudah untuk menjual 3.000 eksemplar buku jika dipasarkan di eropa.
Potensi pasar
Beberapa faktor pendukung peluang pasar buku agama Islam berbahasa Inggris adalah:
1. Pendidikan dinegara-negara maju seperti Eropa, Amerika dan Australia, termasuk Singapura dan Malaisya pendidikannya tinggi.
2. Jika buku diterbitkan dalam bahasa Inggrish maka paling tidak bisa dipasarkan mulai dari Singapura, Malaisya, Eropa, Amerika dan Australia, karena mayoritas negara-negara ini mempunyai kemampuan yang baik dalam penguasaan bahasa Inggrish
3. Akan membantu meningkatkan pemahaman masyarakat muslim di negara-negara tersebut terhadap agama Islam, yang bisa jadi baru mereka anut
4. Penyebaran buku Islam di negara-negara tersebut mampunyai posisi yang sangat strategis, karena tingkat keingin tahuan masyarakat non muslim terhadap Islam semakin tinggi
5. Kemampuan beli masyarakat muslim dinegara maju tinggi
Langkah realisasi
1. Pilihlah tema buku yang tepat untuk diterjemahkan ke dalam bahasa Inggrish
Salah satu tema yang diduga mudah untuk menjualnya di negara maju tersebut adalah tema ibadah, dan buku-buku yang memberi nasehat tanpa perlu mengurui
2. Saat yang sama lakukan survey pasar dan saluran distribusi yang bisa digunakan dalam ”mengekspor” buku kenegara tujuan
3. Jadikan Singapura sebagai pintu masuk kenagara-negara lain, seperti layaknya perdagangan yang lain
Tantangan
Tantangan yang menghadang didepan mata dalam mendistribusikan buku Islam ke negara lain adalah:
1. Belum terbangunnya saluran distribusi
2. Bisa jadi ada beberapa negara penguasaan bahasa ingrishnya juga terbatas
namun tantangan ini lambat laun harus di hadapi oleh para penerbit buku Islam, dan seiring dengan waktu maka saluran distribusi juga akan terbentuk, sambil mengetahui Taste pasar di negara-negara tersebut. Silakan siapa penerbit yang mau mencoba.
Jaharuddin
Penerbitbukuislam.blogspot.com
Sementara itu data populasi muslim di kota-kota besar eropa tahun 2007 , adalah
Marseiles 25% = 200 rb jiwa dari 800 ribu jiwa
Amsterdam 24% = 180 rb dari 750 ribu jiwa
Stockholm 20% = 155 rb dari 771.038 jiwa
Brussels 17 – 20 % = 160 – 220 ribu
Moscow, 16 – 20% = 2 juta dari 10-12 juta jiwa
London, 17% = 1,3 juta dari 7,5 juta penduduk
Birmingham, 14,3%= 139.771 jiwa
Utrecht, 13,2% = 38.300 dari 289 ribu jiwa
Roterdam, 13% = 80 ribu dari 600 ribu jiwa
Copenhagen, 12,6%= 63 ribu dari 500 ribu penduduk
Paris, 7,38% = 155 ribu dari 2,1 juta jiwa
Hamburg, 6,4% = 110 ribu dari 1,73 juta jiwa
Berlin, 5,9% = 200 ribu dari 3,4 juta jiwa
Dari data di atas paling tidak terdapat 4.781.071 jiwa muslim di 13 kota eropa, ini merupakan pasar potensial bagi penerbit buku Islam, seharusnya sangat mudah untuk menjual 3.000 eksemplar buku jika dipasarkan di eropa.
Potensi pasar
Beberapa faktor pendukung peluang pasar buku agama Islam berbahasa Inggris adalah:
1. Pendidikan dinegara-negara maju seperti Eropa, Amerika dan Australia, termasuk Singapura dan Malaisya pendidikannya tinggi.
2. Jika buku diterbitkan dalam bahasa Inggrish maka paling tidak bisa dipasarkan mulai dari Singapura, Malaisya, Eropa, Amerika dan Australia, karena mayoritas negara-negara ini mempunyai kemampuan yang baik dalam penguasaan bahasa Inggrish
3. Akan membantu meningkatkan pemahaman masyarakat muslim di negara-negara tersebut terhadap agama Islam, yang bisa jadi baru mereka anut
4. Penyebaran buku Islam di negara-negara tersebut mampunyai posisi yang sangat strategis, karena tingkat keingin tahuan masyarakat non muslim terhadap Islam semakin tinggi
5. Kemampuan beli masyarakat muslim dinegara maju tinggi
Langkah realisasi
1. Pilihlah tema buku yang tepat untuk diterjemahkan ke dalam bahasa Inggrish
Salah satu tema yang diduga mudah untuk menjualnya di negara maju tersebut adalah tema ibadah, dan buku-buku yang memberi nasehat tanpa perlu mengurui
2. Saat yang sama lakukan survey pasar dan saluran distribusi yang bisa digunakan dalam ”mengekspor” buku kenegara tujuan
3. Jadikan Singapura sebagai pintu masuk kenagara-negara lain, seperti layaknya perdagangan yang lain
Tantangan
Tantangan yang menghadang didepan mata dalam mendistribusikan buku Islam ke negara lain adalah:
1. Belum terbangunnya saluran distribusi
2. Bisa jadi ada beberapa negara penguasaan bahasa ingrishnya juga terbatas
namun tantangan ini lambat laun harus di hadapi oleh para penerbit buku Islam, dan seiring dengan waktu maka saluran distribusi juga akan terbentuk, sambil mengetahui Taste pasar di negara-negara tersebut. Silakan siapa penerbit yang mau mencoba.
Jaharuddin
Penerbitbukuislam.blogspot.com
Universitas yang terletak di Dahran ini bertaraf Internasional. Bahasa pengantar perkuliahan adalah bahasa Inggrish. Semua fakultas berkosentrasi pada bidang sains dan teknologi. Sebanyak 60% tenaga pengajar adalah warga negara asing, termasuk dari Indonesia.Warga asing hanya diperbolehkan mengambil program S2 dan S3. Ini karena besarnya peminat, calon mahasiswa untuk program S1 dari dalam negeri Saudi. Pendaftaran melalui surat dialamatkan ke:King Fahd University of Petroleum and Minerals (KFUPM) PO BOX 306, Dahran 31261 Saudi Arabia, telp (03) 8600000 Fax. (03) 8244560.Website. www.Kfupm.edu.saMahasiswa yang lulus seleksi akan dipanggil dengan biaya UniversitasDikutip dari Majalah Gontor februari 2006/Muharram 1427
ide ini saya dengar dari acara Helmi Yahya di Pas FM, beliau punya ide membuat restoran berbentuk piramid. Seperti kita ketahui piramid semakin keatas semakin kecil, maka restoran ini dirancang bebrapa lantai, dan semakin ke atas semakin sedikit jumlah kursi yang tersedia, dan semakin keatas semakin mahal/premium harganyanya. jadi orang-orang akan berlomba-lomba untuk mendapatkan seat yang paling atas, karena ini akan memperlihatkan status masing-masing orang yang berkunjung.
baru-baru ini PO Nusantara meluncurkan produk Omah Mlaku, dimana sebuah Bus yang bisa dijadikan tempat istirahat, rapat, koneksi internet,dan sebagainya.Hal yang sama juga bisa dilakukan bagi produsen mobil pribadi untuk membuat mobil pribadi yang bangkunya bisa di lipat menjadi tempat tidur, hal ini diperuntukkan bagi kota yang sangat macet seperti Jakarta, jadi bisa mengurangi stress ketika dalam perjalanan datang ke kantor dan pulang dari kantor, dan bisa ditambahkan dengan koneksi internet, lemari pakaian, lemari es tempat minuman, makanan dan buah, dan fasilitas lainnya seperti kamar mandi mini, sehingga bisa membersihkan badan ketika habis bekerja , biar istirahat dalam perjalanan bisa nyaman, dan bisa berganti pakaian.
ide ini dilatar belakangi, oleh kondisi makro dan lingkungan yang semakin "susah", mengapa saya katakan demikian, ketika kita membaca koran di pagi hari, maka rata-rata berita yang kita temui adalah korupsi, kejahatan, rakyat semakin miskin, dll kondisi yang jelek, kalau kita dengar radio ketika dalam perjalanan ke kantor, juga berisi yang sama, kesusahan, yang semakin menjadi-jadi, macet, dll, kalau kita lihat TV, beritanya juga sama, perceraian, koruptor, pembunuhan, kejahatan, dan segudang penyakit masyarakat lainnya.sadar tidak sadar berita tersebut menganggu keperibadaian kita, semua "masalah" menjadi sarapan dan makanan kita sehari-hari.sebagaian orang sudah menyarankan dan menerapkan untuk tidak baca media lagi, atau kalau tidak, bisa juga dengan membaca media di sore hari, jadi bisa mengurangi presure akibat membaca, mendengar atau melihat media. atau lebih ideal lagi kalau "putus hubungan dengan media". saya fikir ini juga tidak sehat, karena alamiahnya akal kita butuh makanan berupa informasi dan ilmu pengetahuan.Namun ini sekalian peluang bagi semua orang untuk membuat media yang mengulas masalah dengan sudut pandang, positif, dan membangun optimisme yang baca, mendengar atau melihat media. saya namakan media positif, bisa berupa majalah, koran, radio ataupun TV bahkan bisa internet, dll.jadi ketika orang menikmati media ini, maka semangat kerja tetap tinggi, tidak menambah masalah baru, dan membangun sikap optimisme. semoga bermamfaat.
Dalam perjalanan ketika kita di pesawat, sudah lazim kita melihat ada penjualan barang-barang/souvenir ketika dalam perjalanan. Hal yang belum dilakukan adalah penjualan buku-buku berkualitas. Menurut saya ada prospeknya karena sebagian besar pengguna pesawat adalah kalangan menengah ke atas, yang diduga berpendidikan dan mempunyai penghasilan. Biasanya mereka ini adalah pangsa pasar yang tepat untuk produk buku, kemudian bisa jadi untuk mengisi waktu dalam perjalanan mereka butuh bacaan, seperti koran, majalah atau buku. Nah ini peluang, tinggal hubungi maskapainya, masukkan buku-buku berkualitas dan menghibur di katalog penjualan maskapai yang bersangkutan, trus suplai stocknya pada setiap pesawat. Jalan. Salah satu buku yang mungkin bisa dicoba misalnya la Tahzan, Laskar pelanggi, Ayat-ayat cinta, dan buku-buku relevan lainnya. Selamat mencoba. Dan semoga bermamfaat
1. Officer Pemasaran Kredit (Kode: AO-R)
Pria/wanita, min S1, pengalaman minimum 2 tahun di bidang marketing kredit/pembiayaan, memiliki customer base yang luas, target oriented, menguasai pasar dan produk pembiayaan, memiliki kemampuan negosiasi yang baik, mampu berkomunikasi dengan baik dan aktif baik bahasa indonesia maupun inggris, berpenampilan menarik.
2. Officer pemasaran dana korporasi (kode PDK-R)
Pria/wanita, min D3, pengalaman minimum 3 tahun dibidang pendanaan, memiliki customer base luas, target oriented, memiliki kemampuan negosiasi yang baik, mampu berkomunikasi dengan baik dan aktif, berpenampilan menarik.
3. Officer pemasaran dana - retail (kode PDR-R)
Pria/wanita, min D3, pengalaman minimum 1 tahun di bidang pendanaan, memiliki costomer base luas, target oriented, memiliki kemampuan negosiasi yang baik, mampu berkomunikasi dengan baik dan aktif, berpenampilan menarik.
4. Direct sales representatif (kode: DSR)
pria/wanita, min D1, target oriented, mampu berkomunikasi dengan baik dan aktif,berpenampilan menarik.
krimkan lamaran, CV, Copy ijazah, KTP, Pas foto 4 x 6 terbaru, dialamatkan ke:
HCM DIVISION
Bank Mega Syariah
Menara Bank Mega Lt. 21
Jl. Kapten Tendean kav. 12-14A Jakarta 12790
Website http://www.megasyariah.co.id
e-mail: dita@megasyariah.co.id
dikutip dari : Kompas, minggu 8 Juni 2008
Pria/wanita, min S1, pengalaman minimum 2 tahun di bidang marketing kredit/pembiayaan, memiliki customer base yang luas, target oriented, menguasai pasar dan produk pembiayaan, memiliki kemampuan negosiasi yang baik, mampu berkomunikasi dengan baik dan aktif baik bahasa indonesia maupun inggris, berpenampilan menarik.
2. Officer pemasaran dana korporasi (kode PDK-R)
Pria/wanita, min D3, pengalaman minimum 3 tahun dibidang pendanaan, memiliki customer base luas, target oriented, memiliki kemampuan negosiasi yang baik, mampu berkomunikasi dengan baik dan aktif, berpenampilan menarik.
3. Officer pemasaran dana - retail (kode PDR-R)
Pria/wanita, min D3, pengalaman minimum 1 tahun di bidang pendanaan, memiliki costomer base luas, target oriented, memiliki kemampuan negosiasi yang baik, mampu berkomunikasi dengan baik dan aktif, berpenampilan menarik.
4. Direct sales representatif (kode: DSR)
pria/wanita, min D1, target oriented, mampu berkomunikasi dengan baik dan aktif,berpenampilan menarik.
krimkan lamaran, CV, Copy ijazah, KTP, Pas foto 4 x 6 terbaru, dialamatkan ke:
HCM DIVISION
Bank Mega Syariah
Menara Bank Mega Lt. 21
Jl. Kapten Tendean kav. 12-14A Jakarta 12790
Website http://www.megasyariah.co.id
e-mail: dita@megasyariah.co.id
dikutip dari : Kompas, minggu 8 Juni 2008